Erick Thohir Sebut Indonesia bakal Punya 5G Mining Pertama di Asia Tenggara

- 13 Oktober 2021, 00:46 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia segera mempunyai 5G mining pertama di Asia Tenggara. Rencana ini akan mendorong integrasi dan konektivitas di pertambangan. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia segera mempunyai 5G mining pertama di Asia Tenggara. Rencana ini akan mendorong integrasi dan konektivitas di pertambangan. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden) /

KARANGANYARNEWS – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Indonesia akan mempunyai 5G mining pertama di Asia Tenggara. Fasilitas ini direncanakan akan diresmikan enam bulan lagi.

5G mining ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara, kerja sama dari Freeport dengan Telkom Group,” sebut Erick Thohir, saat meresmikan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, fungsi dari 5G mining adalah menjaga keamanan operasional karena penambangan ini termasuk ke dalam kategori penambangan dalam sehingga proteksi untuk tenaga kerja menjadi penting.

Baca Juga: Berorientasi Ekspor, Pembangunan KEK Gresik Ditarget Serap 40 Ribu Tenaga Kerja Baru

5G mining ini nantinya akan meningkatkan konektivitas dan integrasi pada hyper connect network dan direncanakan ada autonomous car (kendaraan kemudi otomatis-red),” beber sang menteri.

Erick Thohir mengaku, pihaknya akan memaksimalkan rencana ini dengan kerja sama antara PT Freeport dan PT Telkom Indonesia.

Lebih lanjut, menteri BUMN mengatakan rencana ini nantinya sejalan dengan transformasi yang terjadi di dunia mengenai Industry 4.0. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x