Abadikan Fenomena Langka Gerhana Matahari Hibrida, Pos Indonesia Rilis Prangko Keren

- 20 April 2023, 11:49 WIB
Pos Indonesia merilis Prangko Gerhana Matahari Total (GMT) tanggal 20 April 2023. Prangko seri GMT dicetak dalam bentuk Fullsheet, Sampul Hari Pertama (SHP), dan Souvenir Sheet. (Dok. Pos Indonesia)
Pos Indonesia merilis Prangko Gerhana Matahari Total (GMT) tanggal 20 April 2023. Prangko seri GMT dicetak dalam bentuk Fullsheet, Sampul Hari Pertama (SHP), dan Souvenir Sheet. (Dok. Pos Indonesia) /

KARANGANYARNEWS - Abadikan Fenomena Langka Gerhana Matahari Hibrida, Pos Indonesia Rilis Prangko Keren. Fenomena gerhana matahari hibrida terjadi hari ini, Kamis, 20 April 2023.

Gerhana matahari hibrida merupakan fenomena gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin yang terjadi berurutan dalam satu fenomen gerhana.

Fenomena ini dapat disaksikan dengan pemandangan berbeda, bergantung dari lokasi pengamat. Kejadian langka ini disebabkan kelengkungan Bumi.

Di Indonesia, gerhana matahari total dapat disaksikan di daerah Biak dan Pulau Kisar.

Baca Juga: Daftar Lengkap Lokasi Sholat Ied di Solo, Jumat 21 April 2023: Ada 67 Titik

Sementara daerah lain di wilayah Indonesia dapat menikmati gerhana matahari sebagian. Khusus gerhana matahari cincin tidak dapat diamati dari wilayah Indonesia.

Adapun untuk mendokumentasikan peristiwa ini, Pos Indonesia mendapat mandat dari Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Pusat Observatorium Bosscha Bandung Institut Teknologi Bandung untuk mengedarkan Prangko Gerhana Matahari Total (GMT) tanggal 20 April 2023.

Prangko seri GMT dicetak dalam bentuk Fullsheet, Sampul Hari Pertama (SHP), dan Souvenir Sheet.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Pos Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x