Jejak ‘Juragan’ Terkaya se Pulau Jawa Terkubur di Ampel, Boyolali

- 9 Agustus 2021, 00:21 WIB
Komplek pemakaman keluarga Tinus Dezentje di Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali
Komplek pemakaman keluarga Tinus Dezentje di Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Salah satu saksi bisu kepingan sejarah tuan tanah terkaya di Pulau Jawa, terkubur di komplek pemakaman Kerkhof Dezentje di Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Ironisnya pusara Tinus Dezentje, sang  pewaris 1.275 hektar tanah perkebunan ini, semenjak puluhan tahun lalu tak hanya terbengkelai, tapi juga porakporanda tiada yang mengurusnya.   

Komplek pemakaman bersejarah sempat dijadikan obyek penelitian para sejarawan, arkeolag maupun pemerhati seni budaya. Selain dari nilai-nilai historisnya, juga aspek arkeologis maupun arsitekturnya.

Baca Juga: Tanpa Harus Bersentuhan fisik, inilah 2 Cara Test Keperawanan di Candi Sukuh

“Meskipun merupakan komplek pemakaman keluarga, tapi semua arsitektur pemakaman Eropa terdapat di sana. Bahkan, ada juga beberapa pusara berarsitektur Jawa,” kata Sarijo, pemerhati sejarah di Kota Susu, Boyolali.

Dari aspek historisnya, sebagaimana tertulis dalam buku ‘Djocja Solo, Beeld Van Vorstenlanden’ karangan Bruggen dan Wassing, dikisahkan keluarga Dezenjte kala itu merupakan pemilik perkebunan yang sangat kaya raya dan  disegani di wilayah Surakarta raya.

Luas tanah miliknya, mencakup hampir separoh wilayah Kabupaten Boyolali sekarang. Usaha perkebunan keluarganya, dirintis Johannes Augustinus Dezenjte di era 1797 -1839. Tahun 1810-an, menjadi pionir perkebunan di tanah Vorstenlanden.

Baca Juga: 8 Jodoh Pinasti ‘Andien’ Amanda Manopo, Andakah Salah Satunya

Johannes Agustinus Dezentje atau biasa disebut Tinus Dezentje (1797-1839) adalah putra seorang pegawai berkebangsaan Eropa, bernama August Jan Caspar (1765-1826). Oleh penguasa pemerintahan Hindia Belanda, dia ditugaskan mengawal Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x