5 Sate Paling Ikonik di Jogja dan Jawa Tengah

- 9 Januari 2022, 23:25 WIB
Sate Klathak Imogiri Bantul
Sate Klathak Imogiri Bantul /Instagram

KARANGANYARNEWS - Sate adalah salah satu menu makanan khas Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Sebut saja warung sate Madura yang hampir ada di setiap kota di Indonesia.

Di beberapa kota di Jawa Tengah dan Jogja juga memiliki ikon kuliner masing-masing. Sebagian rumah makan yang menyajikan sate khas daerah kerap kali menjadi jujugan para pecinta kuliner, khususnya dari luar daerah.

Adapun yang membedakan sate di masing-masing daerah adalah bumbu, bahan daging, cara memasak dan cara menyajikannya.

Baca Juga: 5 Sate Kambing Paling Top Markotop di Sekitar Baturetno

Nah, ini dia 5 sate ikonik yang ada di Jogja dan Jawa Tengah yang kami kutip dari berbagai sumber terpercaya!

1. Sate Klathak


Sate Klathak merupakan salah satu ikon kuliner di Jogja, khususnya di Bantul, tepatnya lagi di kawasan Imogiri yang dikenal juga sebagai kampung sate. Selain menjadi jujugan penggila sate kambing, kawasan kuliner di daerah itu juga kerap jadi tempat istirahat wisatawan yang hendak ziarah ke makam raja-raja Mataram Islam.

Yang membedakan sate klathak dengan sate lainnya adalah bahan, alat, cara memasak dan menyajikannya. Adapun bahan sate klathak rata-rata adalah daging kambing muda yang ditusuk menggunakan tusuk sate berbahan jeruji roda sepeda.

Baca Juga: Wajib Dicoba! 7 Warung Sate Buntel di Solo yang Rasanya Aduhai Tralala

Saat dibakar dengan tusuk sate stainlis inilah, kematangannya jadi lebih sempurna karena sampai ke ujung tedalam dagingnya. Hanya menggunakan bumbu garam dan sedikit merica bubuk, daging sate ini sudah terasa nikmat bukan kepalang.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x