Sering Tak Disadari, 7 Hal Ini Jadi Penyebab Puasa Ramadan Batal

- 2 April 2022, 00:00 WIB
Umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Sering tak disadari, ada tujuh hal yang apabila dilakukan bisa membatalkan puasa. (Foto: Pixabay/JESHOOTS)
Umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Sering tak disadari, ada tujuh hal yang apabila dilakukan bisa membatalkan puasa. (Foto: Pixabay/JESHOOTS) /

KARANGANYARNEWS – Umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Ya, sebagaimana diketahui, puasa termasuk salah satu rukun Islam yang wajib diamalkan.

Kewajiban berpuasa ini terdapat dalam kitab suci Alquran, yakni pada surah Al Baqarah ayat 183. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Puasa merupakan suatu kegiatan ibadah umat Islam menahan diri dari makan dan minum maupun nafsu sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Nah, bagi kamu yang sedang berpuasa, ada beberapa hal yang bisa bikin puasamu batal. Apa saja itu? Berikut tujuh hal yang apabila dilakukan bisa membatalkan puasamu.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa, Gampang Dipraktikkan dan Manjur!

  1. Makan dan minum sebelum waktu berbuka

Pada dasarnya puasa merupakan ibadah untuk menahan diri dari makan dan minum maupun nafsu sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Apabila kamu tidak kuat menahan lapar dan haus di siang hari, sehingga memilih makan dan minum sebelum waktunya jam berbuka, puasa kamu secara otomatis batal dan wajib menggantinya di luar Bulan Ramadan.

  1. Murtad

Murtad adalah orang yang keluar dari agama Islam. Perilaku ini bisa membuat semua amalan yang dilakukan orang tersebut hilang. Apabila dia keluar dari agama Islam saat Ramadan, praktis amalan puasa wajib yang dia lakukan hilang semua.

Baca Juga: Pilih, Menurutmu yang Lebih Afdol; Sholat Taraweh 8 atau 20 Rakaat?

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x