Bikin Sia-sia, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Dilakukan Selama Puasa Ramadan

- 3 April 2022, 00:18 WIB
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan selama puasa Ramadan bisa menyebabkan aktivitas ibadah wajib ini menjadi sia-sia. (Foto: Pixabay/Wokandapix)
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan selama puasa Ramadan bisa menyebabkan aktivitas ibadah wajib ini menjadi sia-sia. (Foto: Pixabay/Wokandapix) /

KARANGANYARNEWS - 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Dilakukan Selama Puasa Ramadan. Tak terasa saat ini kita sudah memasuki Bulan Ramadan lagi. Itu artinya seluruh umat Muslim di dunia wajib menunaikan ibadah puasa.

Antusias masyarakat menyambut Ramadan pun sudah terasa jauh-jauh hari. Banyak di antara umat Islam melakukan persiapan dengan berbelanja kebutuhan pokok atau pun berziarah ke makam keluarga yang telah tiada.

Namun, di balik antusiasme menyambut datangnya Ramadan, masih saja ada beberapa kebiasaan buruk dilakukan sebagian umat Muslim yang menunaikan ibadah puasa.

Lantas, kebiasaan buruk apa saja sih yang kerap dilakukan masyarakat? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Sering Tak Disadari, 7 Hal Ini Jadi Penyebab Puasa Ramadan Batal

  1. Tidur Sepanjang Hari

Saat berpuasa kita diharuskan menahan makan dan minum sehari penuh. Alhasil, tak sedikit dari kita mengisi aktivitasnya dengan tidur dengan harapan agar kuat menjalani puasa.

Sering kali orang keliru dalam memaknai sebuah hadits yang menyebutkan "tidurnya orang puasa adalah ibadah".

Akhirnya tak sedikit di antara umat Muslim memilih untuk tidur seharian selama puasa, padahal jika diteruskan hal ini akan berakibat buruk bagi diri sendiri. Apalagi jika kita lebih memilih tidur seharian dan baru bangun saat mendekati waktu berbuka.

Ketimbang tidur, kita bisa melakukan berbagai aktivitas bermanfaat untuk mengisi waktu selama berpuasa, seperti berolahraga sebelum berbuka puasa, beribadah, atau pun sekadar jalan-jalan bersama keluarga.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x