Jangan Sampai Kehausan, Ini 5 Cara Cegah Dehidrasi saat Puasa

- 3 April 2022, 21:03 WIB
Selain minum air putih, ada beberapa aktivitas atau pun konsumsi cairan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa. (Foto: Pixabay/Kaboompics)
Selain minum air putih, ada beberapa aktivitas atau pun konsumsi cairan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa. (Foto: Pixabay/Kaboompics) /

KARANGANYARNEWS - 5 Cara Cegah Dehidrasi saat Puasa. Berpuasa memang membuat badan sehat, namun jika tidak dilakukan dengan benar bisa saja memberikan efek tertentu bagi tubuh. Rasa haus adalah tanda dehidrasi yang muncul ketika berpuasa.

Cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah dengan minum cukup cairan.

Selain minum air putih, ada beberapa aktivitas atau pun konsumsi cairan yang bisa kamu lakukan agar tak mengalami dehidrasi selama berpuasa.

Baca Juga: Bikin Sia-sia, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Dilakukan Selama Puasa Ramadan

  1. Tetap minum air putih 8 gelas per hari

Berdasarkan penelitian, setiap orang disarankan minum air putih sebanyak 2,5 liter per hari atau setara delapan gelas air mineral per hari.

Adapun untuk menghindari dehidrasi, kamu bisa menerapkan aturan 2-4-2 saat berpuasa, yakni dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur atau menjelang sahur

  1. Perbanyak minum susu dan air kelapa

Selain air putih, susu dan air kelapa juga bisa menjadi cara menghindari dehidrasi saat berpuasa.

Menurut penelitian, susu cukup baik untuk menekan terjadinya dehidrasi lantara kaya protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit.

Sementara air kelapa muda mengandung elektrolit isotonik dan alami yang dapat mengatasi dehidrasi saat berpuasa.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x