Mengenali Cacar Monyet dan Cara Mencegah Penularannya

- 23 Mei 2022, 14:32 WIB
Mengenali cacar monyet dan cara mencegah penularannya. Monkeypox alias cacar monyet adalah virus zoonosis (virus yang ditularkan ke manusia dari hewan). (Foto: Pixabay/SharonMcCutcheon)
Mengenali cacar monyet dan cara mencegah penularannya. Monkeypox alias cacar monyet adalah virus zoonosis (virus yang ditularkan ke manusia dari hewan). (Foto: Pixabay/SharonMcCutcheon) /

KARANGANYARNEWS - Mengenali Cacar Monyet dan Cara Mencegah Penularannya. Monkeypox alias cacar monyet adalah virus zoonosis (virus yang ditularkan ke manusia dari hewan) dengan gejala sangat mirip dengan yang terlihat di masa lalu pada pasien cacar, meskipun secara klinis tidak terlalu parah.

Dengan pemberantasan cacar pada 1980 dan penghentian selanjutnya dari vaksinasi cacar, monkeypox telah muncul sebagai orthopoxvirus paling penting bagi kesehatan masyarakat.

Cacar monyet, terutama terjadi di Afrika Tengah dan Barat, sering kali terjadi di dekat hutan hujan tropis dan semakin sering muncul di daerah perkotaan.

Hewan inang penyakit ini, termasuk berbagai hewan pengerat dan primata nonmanusia.

Baca Juga: Mulai Diberlakukan, Awas Jangan Beli Pelat Warna Putih Kendaraan Secara Online!

Melansir laman WHO, Senin, 23 Mei 2022, virus cacar monyet adalah virus DNA beruntai ganda, termasuk dalam genus Orthopoxvirus dari keluarga Poxviridae.

Ada dua clade genetik berbeda dari virus monkeypox, yakni clade Afrika Tengah (Congo Basin) dan clade Afrika Barat.

Clade Cekungan Kongo secara historis menyebabkan penyakit lebih parah dan dianggap lebih menular.

Pembagian geografis antara dua clade sejauh ini berada di Kamerun, satu-satunya negara di mana kedua clade virus telah ditemukan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: WHO


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x