Wewe Gombel Hantu Penculik Anak, Ini Mitos dan Sejarah Asal Usulnya

- 24 Mei 2022, 00:37 WIB
Penampakan hantu wewe gombel yang diceritakan lebih menyeramkan dari hatu perempuan lain
Penampakan hantu wewe gombel yang diceritakan lebih menyeramkan dari hatu perempuan lain /Ilustrasi Twitter @tanpamami/

KARANGANYARNEWS – Waspadai, hantu wewe gombel yang sering menyaru di rumah kita paling suka senang menculik anak-anak yang belum aqil balik.

Hantu perempuan ini, dimitoskan masyarakat di berbagai daerah penampakannya sangat menyeramkan. Lebih menakutkan dibanding hantu perempuan lain, semisal kuntilanak, sundel bolong, dan lainnya.

Mitos tentang hantu wewe gombel, sudah ada sejak jaman nenek moyang kita dan berkembang secara turun temurun di setiap daerah. Di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah, misalnya. Setiap kabupaten/ kota ada dan namanya pun sama, wewe gombel.

Baca Juga: Seramnya Hingga Pingsan, Misteri Penampakan Hantu Pabrik Goni Delanggu

Meski demikian, berbagai sumber yang dilansir KaranganyarNews.com Senin, 23 Mei 2022 hantu legendaris ini awalnya berasal dari Semarang. Sebagaimana julukannya, tepatnya dari daerah Gombel semarang yang dulu hutan belantara tempat pembantai nyawa, di era penjajahan kolonial Belanda.

Diceritakan, wewe gombel merupakan jelmaan seorang wanita yang rohnya gentayangan karena mahluk halus tersebut mati bunuh diri di sebuah pohon, di kawasan Bukit Gombel, Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum bunuh diri, perempuan itu memergoki suaminya yang sedang meniduri perempuan lain. Karena marah, sang suami pun dibunuh. Warga Gombel mengetahui hal itu, maka perempuan itu dikejar-kejar untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Baca Juga: Lebih Seram dari KKN di Desa Penari, Ini 7 Fakta KKN di Rumah Kosong Klaten

Tak kuasa bertahan dan menjaga harga dirinya sebagai istri, perempuan itu pun akhirnya bunuh diri. Diceritakan juga, penyebab perselingkuhan sang suami  karena istrinya tadi tak mampu memberikan keturunan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x