Hasil Penelitian di Portugal Sebut Bir Bermanfaat Cegah Penyakit Kronis

- 6 Juli 2022, 23:32 WIB
Minum bir diyakini memiliki manfaat bagi usus dan bisa mencegah penyakit kronis
Minum bir diyakini memiliki manfaat bagi usus dan bisa mencegah penyakit kronis /MabelAmber/Pixabay

KARANGANYARNEWS - Sebuah riset oleh Pusat Penelitian Teknologi dan Layanan Kesehatan (Center for Research in Health Technologies and Services/CINTESIS), di Kota Porto, Portugal utara menyebut bahwa meminum bir bermanfaat bagi usus dan berpotensi mencegah penyakit kronis.

CINTESIS sendiri adalah sebuah unit penelitian dan pengembangan nonprofit yang ada di Kota Porto.

"Mengonsumsi bir berkontribusi pada peningkatan komposisi mikrobiota usus, yaitu faktor yang dikaitkan dengan pencegahan penyakit kronis yang sangat umum, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit-penyakit kardiovaskular," kata CINTESIS dalam sebuah pernyataan pada Senin 4 Juli 2022.

Baca Juga: Pemprov DKI Dapat Jatah Rp 52,5 Miliar dari Perusahaan Bir PT Delta Djakarta
 
Dalam studi itu, sejumlah pria sehat yang berusia 23 hingga 58 tahun meminum 330 mililiter bir, dengan atau tanpa alkohol, setiap hari selama empat pekan.  

Tim peneliti tersebut menunjukkan bahwa efek positif bir terkait dengan polifenol yang terkandung dalam minuman itu, seperti yang telah dibuktikan pada red wine.

Sejumlah hasil yang diperoleh dari penelitian itu menunjukkan bahwa mengonsumsi bir "meningkatkan keberagaman mikrobiota usus, tanpa menaikkan berat badan dan massa lemak."

Baca Juga: Geger Holywings Ajak Muhammad dan Maria Minum Bir, MUI: Tak Masuk Surga

Meminum bir "tidak mengganggu penanda biologis (biomarker) kardiometabolik secara signifikan", seperti glukosa, kolesterol, dan trigliserida, imbuh pernyataan itu.
 
Tim peneliti tersebut menunjukkan bahwa efek positif bir terkait dengan polifenol yang terkandung dalam minuman itu, seperti yang telah dibuktikan pada red wine.

Studi yang baru-baru ini dipublikasikan dalam Journal of Agricultural dan Food Chemistry itu mengungkapkan manfaat bir pada kesehatan usus "terbukti tidak memiliki kaitan dengan kandungan alkohol" atau absennya elemen ini.***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x