Rekomended, Minuman Khas Kaya Khasiat Herbal: Seduhan Cascara Berbahan Kulit Kopi

- 17 Februari 2023, 18:35 WIB
Tak hanya menghangatkan dan menyegarkan, seduhan cascara yang berbahan kulit kopi juga kaya khasiat bagi tubuh kita
Tak hanya menghangatkan dan menyegarkan, seduhan cascara yang berbahan kulit kopi juga kaya khasiat bagi tubuh kita /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS - Cascara, kulit kopi yang dimanfaatkan untuk  minuman. Walaupun rasanya tidak menyerupai kopi, selain menghangatkan dan menyegarkan cascara juga kaya khasiat herbal.

Sebutan cascara, berasal dari kosa kata bahasa Spanyol yang berarti kulit. Penamaan cascara, awalnya limbah kopi campuran kulit yang dibuang  begitu saja.

Namun demikian, sering perkembzngzn jaman cascara dapat diolah kembali dengan proses pengeringan yang kemudian dijadikan seduhan minuman khas.

Baca Juga: Inilah 5 Minuman Terlaris dan Terenak, Paling Cocok Dinikmati di Musim Hujan

Proses pembuatan minuman cascara, sangat mudah. Sebagaimana proses pembuatannya yang disaksikan KarangnganyarNews.com di kedai kopi Kopissantung kampung Kutuwates Sinduadi, Sleman, Yogyagyakarta, baru-baru ini. 

Proses pembuatan cascara, dimulai dari buah ceri yang menjadi kopi. Dari ceri inilah, setelah mengalami beberapa metode proses pengeringan, jadilah cascara.

Jika diolah secara baik dan dijadikan minuman, cascara juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan seduhan air panas, cascara sangat cocok diminum di musim penghujan seperti saat ini.

Sementara di siang hari, dengan tambahan es cascara akan memberikan kesegaran, cita rasanya benar-benar khas dan tidak ada tandingannya dibandingkan seduhan  minuman lainnya.

Baca Juga: Serai Mujarab Sembuhkan Herpes, Inilah Resep Herbal Termudah dan Termurah Ala dr Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x