Tanda-tanda Obesitas, Pencegahan dan Risiko Komplikasi yang Bisa Pengaruhi Kesuburan

- 6 Maret 2023, 17:05 WIB
Tanda-tanda obesitas, pencegahan dan risiko komplikasi yang bisa pengaruhi kesuburan. Obesitas merupakan penyakit dan dapat memicu komplikasi. (Foto: Pixabay/Bru-no)
Tanda-tanda obesitas, pencegahan dan risiko komplikasi yang bisa pengaruhi kesuburan. Obesitas merupakan penyakit dan dapat memicu komplikasi. (Foto: Pixabay/Bru-no) /

KARANGANYARNEWS - Tanda-tanda Obesitas, Pencegahan dan Risiko Komplikasi yang Bisa Pengaruhi Kesuburan. Sebagian masyarakat menganggap obesitas bukan penyakit, malahan anak-anak yang gemuk terlihat lucu dan menggemaskan. Padahal obesitas merupakan penyakit dan dapat memicu komplikasi.

Obesitas adalah suatu kelainan atau penyakit ditandai dengan penimbunan jaringan lemak tubuh yang berlebihan.

Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan energi dengan keluaran energi sehingga terjadi kelebihan energi yang selanjutnya disimpan dalam bentuk jaringan lemak.

Gejala klinis dijumpai mulai dari bagian atas tubuh, yakni pada kepala wajah bulat, pipi tembem, dagu rangkap.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Bikin Kualitas Hidupmu Meningkat, Asyik dan Gampang Dipraktikkan

Pada leher tampak pendek dan terdapat bercak kehitaman di belakang leher, perut membuncit disertai dinding perut berlipat-lipat.

Obesitas digolongkan penyakit yang perlu intervensi secara komprehensif. Selain memberikan dampak terhadap penyakit tidak menular, obesitas juga berdampak kerugian ekonomi yang dipicu biaya perawatan tinggi.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan obesitas menjadi faktor risiko terhadap penyakit-penyakit tidak menular, antara lain diabetes, jantung, kanker, hipertensi, penyakit metabolik dan nonmetabolik lainnya, serta berkontribusi sebagai penyebab kematian tertinggi.

Baca Juga: 3 Tips Mengecilkan Perut Ala Artis Korea Tanpa Menyiksa Tubuh

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x