Bolehkah Ibu Hamil Pijat? Ini Hal Penting yang Perlu Moms Ketahui

- 7 Maret 2023, 22:06 WIB
Bolehkah ibu hamil pijat, ini hal penting yang perlu Moms ketahui. Pijat pada wanita hamil sejatinya masih menuai pro dan kontra. (Foto: Pixabay/Cparks)
Bolehkah ibu hamil pijat, ini hal penting yang perlu Moms ketahui. Pijat pada wanita hamil sejatinya masih menuai pro dan kontra. (Foto: Pixabay/Cparks) /

KARANGANYARNEWS Bolehkah Ibu Hamil Pijat? Ini Hal Penting yang Perlu Moms Ketahui. Momen kehamilan tentunya menjadi hal membahagiakan bagi setiap wanita yang berumah tangga. Namun terkadang ada saat-saat seorang ibu atau calon ibu harus mengeluhkan kondisi tubuhnya, seperti munculnya rasa pegal, tubuh terasa tidak nyaman, dan kaku-kaku.

Pada saat kondisi seperti ini, Moms mungkin timbul keinginan untuk melakukan pijat agar tubuh terasa lebih relaks.

Pertanyaannya, bolehkah ibu hamil dipijat? Nah, untuk mengetahui jawabannya, berikut kami sajikan ulasan singkat mengenai pijat pada wanita hamil.

Sejatinya, pijat yang dilakukan pada wanita hamil masih menuai pro dan kontra. Tak sedikit kalangan dokter meragukan keamanan pijat selama masa kehamilan.

Baca Juga: Janin Tumbuh Lambat saat Hamil? Jangan Sepelekan, Ini yang Perlu Moms Lakukan!

Hal tersebut tidak lepas dari adanya berbagai variasi tekanan di beberapa bagian tubuh. Tak cuma itu, belum adanya standar sertifikasi keamanan terapi pijat juga menjadi alasan tersendiri.

Sejauh ini terapi pijat pada wanita hamil memang belum diteliti secara mendalam dengan metode penelitian klinis.

Karenanya, tak heran jika kerap kali muncul pertanyaan apakah aman melakukan pijat pada trimester pertama kehamilan? 

Umumnya memang banyak terapis pijat tak melakukan pemijatan pada wanita yang tengah memasuki trimester pertama kehamilan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x