Berapa Kali Operasi Caesar Boleh Dilakukan? Yuk Cari Tahu Moms

- 16 Maret 2023, 22:48 WIB
Berapa kali operasi caesar boleh dilakukan, yuk cari tahu moms. Hasil riset menyatakan operasi caesar kian berisiko manakala dilakukan berulang-ulang. (Foto ilustrasi: Pixabay/BabyMin)
Berapa kali operasi caesar boleh dilakukan, yuk cari tahu moms. Hasil riset menyatakan operasi caesar kian berisiko manakala dilakukan berulang-ulang. (Foto ilustrasi: Pixabay/BabyMin) /

KARANGANYARNEWS Berapa Kali Operasi Caesar Boleh Dilakukan? Yuk Cari Tahu Moms. Menjelang persalinan, Moms terkadang dihadapkan pada pilihan operasi caesar lantaran kondisi tubuh tak memungkinkan untuk menjalani persalinan normal. Ya, operasi caesar mungkin tidak masuk dalam rencana Anda, mengingat metode ini bukannya tanpa risiko.

Menurut penelitian, apabila pada persalinan anak pertama, ibu hamil sudah menjalani operasi caesar, dia punya peluang 90 persen untuk kembali menjalani caesar ketika melahirkan anak kedua.

Namun, pertanyaan yang kemudian muncul adalah berapa kali operasi caesar boleh dilakukan?

Baca Juga: Bisakah Wanita Hamil Lagi setelah Keguguran? Jangan Khawatir Moms, Cobalah 4 Hal Ini

Sejauh ini memang belum ada penelitian yang menetapkan secara pasti berapa kali ibu hamil bisa melakukan operasi caesar secara aman.

Hasil riset hanya menyatakan operasi caesar kian berisiko manakala dilakukan berulang-ulang.

Sebagian pakar menyebut ada peningkatan risiko setelah operasi caesar ketiga.

Beberapa risiko yang perlu Moms waspadai, di antaranya masalah dengan plasenta, pendarahan berlebihan, bekas luka/jaringan parut, serta cedera usus dan kandung kemih. Berikut uraiannya.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Pijat? Ini Hal Penting yang Perlu Moms Ketahui

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x