Syariat Hubungan Intim Suami Istri di Bulan Ramaddhan, Muslim dan Muslimat Wajib Tahu

- 28 Maret 2023, 04:05 WIB
Selama  bulan Ramadhan terdapat waktu yang diperbolehkan dan diharamkaan melakukan hubungan intim suami istri, berikut penjelannya
Selama bulan Ramadhan terdapat waktu yang diperbolehkan dan diharamkaan melakukan hubungan intim suami istri, berikut penjelannya /Ilustrasi/ Risqi Fauzan Mustofa/ Jurnal Soreang/

KARANGANYARNEWS - Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan karomah, menspirit seluruh umat Islam berlomba melakukan ibadah untuk meraih pahala yang dilapatgandakan.  Namun demikian, disyariatkan juga tidak melalaikan pemenuhan kebutuhan biologis yang juga bernilai ibadah.

Pemenuhan kebutuhan biologis dengan melakukan hubungan intim suami istri, selama bulan Ramadhan terdapat waktu yang diperbolehkan dan diharamkan. Berikut penjelasan selengkapnya, terkait syariat melakukan hubungan intim suami istri selama bulan Ramadhan.

Sebagaimana dilansir dan dirangkum KaranganyarNews.com dari kanal dalamislam.com, waktu yang diharamkan untuk beraktifitas pemenuhan kebutuhan biologis melakukan hubungan intim suami istri di bulan Ramadhan, disebutkan pada siang hari.

Baca Juga: 5 Keutamaan Puasa Ramadhan untuk Anak: Satu Diantaranya, Membekali Kesuksesan Hidup Dunia Akhirat

Melakukan hubungan intim suami istri di siang hari pada bulan Ramadan, selain mendatangkan dosa juga membatalkan ibadah puasa. Waktu yang paling tepat untuk melakukan hubungan intim suami istri, dijelaskan malam hari. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah: 187 berikut ini:

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan istri-istri kamu, mereka itu adalah pakaian, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamudan memberi maaf kepadamu. Maka, sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu.” (QS. al-Baqarah: 187).

Ayat tersebut mensyariatkan, hubungan seksual atau hubungan intim suami istri selama bulan Ramadhan diperbolehkan pada malam hari. Baik di awal malam, di tengah atau di akhir malam hari.

Baca Juga: Doa Hari Ketujuh Pusa Ramadhan, Rabu 29 Maret 2023: Memohon Dihindarkan Perbuatan Dosa

Disebutkan dalam kanaal dalamislam.com tadi, walaupun telah makan sahur selama belum muncul fajar subuh yang menjadi awal waktu puasa, masih diperbolehkan hubungan intim suami istri.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x