Mengenal Apa Itu Thalassemia, Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Pencegahan

- 9 Mei 2023, 18:05 WIB
Mengenal apa itu thalassemia, penyebab, ciri-ciri dan cara pencegahan. Thalassemia merupakan salah satu penyakit kelainan darah bersifat genetik. (Foto ilustrasi: Pixabay/AhmadArdity)
Mengenal apa itu thalassemia, penyebab, ciri-ciri dan cara pencegahan. Thalassemia merupakan salah satu penyakit kelainan darah bersifat genetik. (Foto ilustrasi: Pixabay/AhmadArdity) /

KARANGANYARNEWS - Mengenal Apa Itu Thalassemia, Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Pencegahan. Thalassemia merupakan salah satu penyakit kelainan darah bersifat genetik atau diturunkan dari orangtua ke anak.

Penyakit ini belum bisa disembuhkan, namun dapat dicegah dengan menghindari perkawinan sesama pembawa sifat.

Thalassemia itu adalah kelainan darah merah bawaan akibat tidak diproduksinya rantai protein atau globin pembentuk HB utama.

Thalassemia diakibatkan karena berkurangnya atau tidak terpenuhinya protein sehingga sel darah merah mudah pecah.

Baca Juga: Stadion Manahan jadi Venue FIFA Match Day 2023, Messi Datang ke Solo?

Indonesia merupakan negara yang berada dalam sabuk thalassemia dengan prevalensi carrier (pembawa) thalassemia mencapai sekira tiga hingga sepuluh persen dari seluruh populasi.

Berdasarkan data dari Yayasan Thalassemia Indonesia pada 2021, terjadi peningkatan kasus thalassemia sejak 2012 dari 4.896 kasus menjadi 10.973 kasus hingga Juni 2021.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan sampai saat ini thalassemia belum bisa disembuhkan, namun dapat dicegah dan diidentifikasi pembawa sifat thalassemia.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x