Kawasan Bersejarah Rusak, Kota Liverpool Dicoret dari Daftar Situs Warisan Dunia

- 23 Juli 2021, 01:30 WIB
/Dokumentasi/Liverpoolecho.co.uk

KARANGANYARNEWS-Kota pelabuhan di Inggris, Liverpool dicoret dari daftar situs warisan budaya dunia UNESCO secara resmi, setelah 17 tahun menyandang status itu.

Keputusan mengejutkan itu diambil dalam pemungutan suara rahasia oleh komite Unesco di Fuzhou China, Rabu (21/07/2021). Mayoritas pendapat mendukung rekomendasi yang dibuat pada bulan Juni untuk menghapus Liverpool dari status tersebut.

Dalam laporan yang diterbitkan komite Unesco pada Bulan Juni lalu disebutkan perkembangan Kota Liverpool telah mengakibatkan kerusakan serius pada kawasan bersejarahnya.

"Dalam kasus Liverpool, komite Unesco khawatir pada rencana regenerasi tepi kota. Di situ akan dibangun apartemen mewah dan gedung-gedung pencakar langit sehingga menimbulkan perubahan drastis terhadap bangunan-bangunan bersejarah," tulis The New York Post dalam laporannya.

Kota Maritim
Kota Liverpool memperoleh status Warisan Dunia pada 2004, sebagai pengakuan atas sejarah perdagangan dan maritim yang tercermin dalam arsitektur megah. Sebagai salah satu pusat perdagangan utama dunia pada abad ke-18 dan ke-19, Liverpool menjadi  kota yang makmur berkat perdagangan budak trans-Atlantik.

Wali Kota Liverpool Joanne Anderson sangat kecewa dan prihatin dengan keputusan Unesco. “Kami akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memeriksa apakah kami dapat mengajukan banding, tetapi apa pun yang terjadi, Liverpool akan selalu menjadi kota Warisan Dunia," kata Anderson.

Sebenarnya tidak hanya Kota Liverpool yan dicabut statusnya sebagai situs warisan dunia UNESCO. Sebelumnya Suaka Oryx Arab di Oman harus kehilangan status situs warisan dunia tahun 2007 setelah dicabut oleh Unesco lantaran jumlah kijang yang ada menurun drastis dan pemerintah mengurangi ukuran cagar alam hingga 90 persen.

Kemudian Lembah Dresden Elbe di Jerman juga dicoret sebagai situs warisan dunia tahun 2009 karena pembangunan jembatan yang membelah lembah tersebut.

Liverpool memang mempunyai sejarah yang hebat pada masa lalu, karena 40 persen dari semua perdagangan global melewati pelabuhan kota ini pada awal abad pertama.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x