WHO Kirim Pasokan Medis untuk Afghanistan Pasca Dikuasai Taliban

- 31 Agustus 2021, 21:03 WIB
Taliban geser kekuasaan Afghanistan
Taliban geser kekuasaan Afghanistan /Reuters/

KARANGANYARNEWS - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan pasokan obat-obatan untuk Afghanistan pada Senin (30/8) waktu setempat melalui jalur udara.

Kiriman itu merupakan kloter pertama yang diterima Afghanistan sejak Taliban berkuasa.

"Setelah berhari-hari tanpa henti berupaya menemukan solusi, dengan gembira saya sampaikan bahwa kami saat ini sudah bisa menambah persediaan peralatan kesehatan di Afghanistan dan memastikan bahwa untuk sekarang layanan kesehatan yang didukung WHO bisa berlanjut," kata Direktur Regional WHO kawasan Mediterania timur, Ahmed Al Mandhari melalui pernyataan.

WHO pada Jumat (27/8) memperingatkan bahwa pasokan medis di Afghanistan akan habis dalam beberapa hari.

Badan PBB itu mengatakan pihaknya berharap bisa membuka jalur penerbangan ke kota di Afghanistan utara, Mazar-i-Sharif melalui kerja sama dengan pihak berwenang Pakistan.

Mengutip Reuters, kiriman seberat 12,5 ton yang tiba pada Senin itu terdiri dari alat-alat P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) dan peralatan kesehatan darurat.

Pasokan itu, kata WHO, cukup untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mendasar bagi lebih dari 200.000 orang, juga 3.500 prosedur bedah dan perawatan bagi 6.500 pasien luka.

Barang-barang medis itu akan disebarkan ke 40 fasilitas kesehatan di 29 provinsi di Afghanistan, kata WHO.

Pesawat pembawa pasokan WHO itu disediakan oleh pemerintah Pakistan dan terbang dari Dubai menuju bandara Mazar-i-Sharif.

Pengiriman pada Senin merupakan yang pertama dari tiga penerbangan yang direncanakan bersama Pakistan International Airlines (PIA) untuk menambah pasokan obat-obatan dan peralatan medis yang sudah menipis di Afghanistan.

Editor: Zening Demaringtyas

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x