Wow, Umat Katolik China Diminta Merapat ke Partai Komunis, Ini Alasannya

- 28 Agustus 2022, 22:55 WIB
Umat Katholik China saat menjalankan misa di Katedral Immaculata Konsepsi
Umat Katholik China saat menjalankan misa di Katedral Immaculata Konsepsi /Antara/


KARANGANYARNEWS -
Partai Komunis China (CPC) yang berkuasa, meminta umat Katolik di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu untuk merapat ke dalam partai tersebut.

"Komunitas Katolik harus bisa bersatu bersama para tokoh dan umat Katolik agar mampu memberikan kontribusi dalam mencapai program pembaruan China," ungkap Wang Yang anggota Komite Tetap Biro Politik CPC Wang Yang, pada Minggu 28 Agustus 2022.

Sebelumnya Wang bertemu jajaran pengurus Perhimpunan Patriotik Katolik China (CCPA) dan Konferensi Keuskupan Gereja Katolik China.

Baca Juga: Kesempatan Langka, China Ijinkan Film Religi Merindu Cahaya de Amstel Tayang di BIFF

Ia juga menyerukan komunitas Katolik mengimplementasikan secara penuh kebijakan dasar keagamaan yang telah ditetapkan oleh CPC.

Wang juga meminta para pengurus CCPA dan Konferensi Keuskupan setempat untuk mendukung kepemimpinan CPC dan membantu mengadaptasikan aktivitas keagamaannya dengan masyarakat sosialis.

Mereka juga harus konsisten mematuhi prinsip-prinsip independensi dan kemandirian dengan menolak berbagai bentuk infiltrasi asing, demikian Wang yang juga Ketua Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (CPPCC) itu.

Umat Katolik juga diminta turut menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan rakyat China.

Baca Juga: China Kerjakan Proyek Konservasi Air Ngarai Dateng dengan Dilengkapi Jalur Migrasi Ikan

Dia juga menyerukan berbagai upaya untuk menjamin kepemimpinan Gereja Katolik tetap kuat di tangan mereka sendiri dengan tetap mencintai negara dan agama.

Organisasi keagamaan di China harus mendapatkan persetujuan dari otoritas setempat di bawah rezim Komunis.

Otoritas setempat tidak ingin organisasi keagamaan di China memiliki aliansi dengan asing, termasuk komunitas Katolik yang beraliansi dengan Vatikan.

Oleh karena itu struktur organisasi Katolik di China diberi label Patriotik, seperti CCPA itu.***

Editor: Andi Penowo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x