Sudan Konflik Bersenjata, Pemerintah Evakuasi 538 WNI

- 24 April 2023, 15:53 WIB
Menlu Retno Marsudi menyampaikan pemerintah tengah mengevakuasi sebanyak 538 orang warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan. (Foto: Humas Kemlu)
Menlu Retno Marsudi menyampaikan pemerintah tengah mengevakuasi sebanyak 538 orang warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan. (Foto: Humas Kemlu) /

KARANGANYARNEWS - Sudan Konflik Bersenjata, Pemerintah Evakuasi 538 WNI. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyampaikan pemerintah tengah mengevakuasi sebanyak 538 orang warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan.

Alhamdullilah, pada pukul 01.00 dini hari WS [waktu setempat] atau pukul 06.00 pagi WIB pada hari ini, 538 WNI telah tiba dengan selamat di Kota Port Sudan,” kata Menlu Retno Marsudi dalam pernyataan tertulisnya, Senin (24/04/2023), dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Sebanyak 538 WNI dievakuasi akibat adanya konflik bersenjata di Sudan, terdiri atas 273 wanita, 240 pria, dan 25 anak usia di bawah lima tahun (Balita).

WNI dievakuasi sebagian besar adalah mahasiswa Indonesia, pekerja migran Indonesia, karyawan perusahaan Indofood, dan staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) beserta keluarga.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar: Pelaku Kobarkan Perang, Sebut KUHP Syirik!

“Ini adalah evakuasi tahap pertama yang dipimpin langsung oleh dubes RI di Khartoum. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan bus sebanyak delapan buah dan satu minibus KBRI,” ungkap Retno Marsudi.

Menlu menjelaskan, WNI dievakuasi berangkat dari Khartoum pada Minggu (23/04/2023) pukul 08.00  waktu setempat atau pukul 13.00 WIB.

Para WNI menempuh perjalanan selama 15 jam dengan jarak 830 kilometer menuju ke Port Sudan melalui Kota Atbara, Damir, Mismar, dan Sawakin serta melewati sekira 15 pos pemeriksaan.

“Saat ini, 538 WNI tersebut sedang beristirahat di rumah persinggahan di Port Sudan sebelum keberangkatan menuju Jeddah melalui jalur laut. Insyaa Allah persiapan pulang ke Indonesia juga terus dilakukan,” jelas Retno Marsudi.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x