In Memorial Seniwati Tari Sri Rumsari Listyorini: Total Berkesenian, Tak Kenal Waktu dan Tempat

- 14 Maret 2023, 13:05 WIB
Almarhumah Sri Rumsari Listyorini sangat total dalam berkesenian, tak peduli waktu dan tempat di mana pun dia berada
Almarhumah Sri Rumsari Listyorini sangat total dalam berkesenian, tak peduli waktu dan tempat di mana pun dia berada /Dok. DKJT/

KARANGANYARNEWS - Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Jawa Tengah dan Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT), kehilangan seniman tari Dra Sri Rumsari Listyorini yang selama hidupnya penuh dedikasi dan pengabdian di bidang seni budaya terutama seni tari.

Dra Sri Rumsari Listyorini meninggal dunia di RST Magelang, Selasa, 14 Maret 2023, pukul 08.44. Almarhumah dimakamkan di TPU Honggoderpo Wonosobo, setelah disemayamkan di rumah duka Jalan Sidomulyo Timur 78A, Wonosobo.

Kepergiannya yang begitu mendadak sangat mengejutkan kalangan seniman, terutama di Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Jawa Tengah dan Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT).

Baca Juga: In Memorial Addy Susilobudi: Deklarator Satupena dan Ketua IPKB Jawa Tengah

Deputi I KSBN Jawa Tengah Gunoto Saparie mengatakan, Sri Rumsari dikenal sebagai pribadi yang aktif dan energik dalam keterlibatannya di bidang kesenian, terutama tari. Baik ketika masih tinggal di Wonosobo,  maupun di Magelang dan hingga sampai akhir hayatnya.

"Almarhumah memiliki Sanggar Tari Arumsari yang banyak melahirkan para penari berbakat dan potensial. Ribuan jumlahnya. Di KSBN Jateng almarhumah menjabat sebagai Ketua Seksi Seni Tari. Begitu juga di DKJT," katanya.

Menurut Gunoto Saparie, meskipun ia tinggal di Magelang, bahkan sebelumnya di Wonosobo, namun ia tetap mengikuti rapat-rapat pengurus KSBN Jateng dan DKJT.

Baca Juga: In Memorial Handry TM: Lebih Gelisah Memikirkan Karya Sastranya, Katimbang Gagal Ginjal yang Menderanya

Almarhumah, memang dikenal sangat total dalam berkesenian, tak peduli waktu dan tempat. Sri Rumsari, disebutkan alumni Institut Seni Indonesia Yogyakarta.  ***

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x