Google Peringati 83 Tahun Kelahiran Sastrawan Sapardi Djoko Damono, Inilah Puisi Dia yang Difilmkan

- 22 Maret 2023, 15:35 WIB
Google doodle merayakan kelahiran Sapardi Djoko Damono, 20 Maret 2023 ini memasuki tahun ke-83  pria  kelahiran Solo ini meninggal 2020
Google doodle merayakan kelahiran Sapardi Djoko Damono, 20 Maret 2023 ini memasuki tahun ke-83 pria kelahiran Solo ini meninggal 2020 / Instagram @damonosapardi/

KARANGANYARNEWS – Tanggal 20 Maret 2023 diperingati sebagai hari kelahiran penyair dan  sastrawan Indonesia, Sapardi Djoko Damono  ke 83 tahun. Sebagai penghormatan Google doodle ikut merayakan  kelahiran pria  yang terlahir di Solo, Jawa Tengah  tanggal 20 Maret 1940 tadi.

 Sapardi Djoko Damono juga akrab dikenal dengan sebutan SDD  selain sebagai penyair  juga dikenal sebagai pengamat, kritikus sastra,  dan juga menjadi dosen.

Masa kecil SDD banyak dihabiskan untuk membaca  buku di perpustakaan, dia memulai menulis puisi sejak sekolah SMA di Solo. 

Baca Juga: Sapardi Djoko Damono Nampang di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Menikah dengan Waediningsih dikarunia dua anak Rasti Suryandani dan Rizki Henriko.  Karya  pertama Sapardi  tahun 1969, berjudul  Duka-Mu  Abadi.  Gambaran puisi  Duka-Mu Abadi  tentang  kondisi individu manusia, di mana  puisi ini berbeda dari puisi-puisi karya  penyair  lain, Sapardi dikenal dengan bahasa puisi yang lugas.

Sapardi dalam setiap tulisannya selalu mengedepankan gagasan yang revoluioner dan sosialis, dari  buku puisi Duka-Mu Abadi  mengangkat Sapardi menjadi guru besar di kampus Universitas Indonesia (UI).

Selaian dikenal sebagai penyair, sastrawan dan penulis Sapardi mendirikan  Perhimpunan  Cendekiawan  Sastra  Indonesia  dan menjabat sebagai ketua.

Baca Juga: 90 Penyair Meluncurkan Antologi Puisi 'Lukisan Bumi' di Yogyakarta

Dibawah ini karya pusi Sapardi  ‘Hujan Bulan Juni’ dilansir  KaranganyarNews.com dari Ensiklopedia Kemdikbud, puisi tersebut pernah di filimkan dengan judul Hujan Bulan Juni :

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x