Misteri Perempuan Bahu Lawean dalam Cerita Horor SimpleMan, Siapa Dia?

- 15 Mei 2023, 22:10 WIB
Ilustrasi perempuan bahu lawean.
Ilustrasi perempuan bahu lawean. /Rijksmuseum

KARANGANYARNEWS - Mitos perempuan bahu lawean ditulis menjadi cerita horror SimpleMan. Mengisahkan kutukan seorang perempuan yang membuat pria-pria yang dinikahi selalu meninggal.

Tapi benarkah mitos tersebut nyata? Mitos ini bahu lawean hidup di masyarakat Jawa. Konon, perempuan bahu lawean sebagai pembawa sial karena jiwanya dihui makhluk jahat.

Konon, mitos perempuan bahu lawean mulai berkembang pada abad ke-9 sekitar tahun 931. Ini seperti digambarkan dalam Serat Witaradya yang ditulis pujangga Keraton Kasunanan Surakarta, RNg Ronggowarsito.

Baca Juga: Ranjat Kembang, Di Sinilah Santet Janur Ireng dan Sewu Dino Bermula

Diungkapkan keberadaan mitos bahu laweyan mulai tercium di masa Keraton Pajang saat upacara peringatan penobatan raja. Konon, sahabat raja dari golongan lelembut, Gandarwa Kurawa, datang ke acara itu.

Tidak disangka, Gandarwa Kurawa jatuh cinta dengan dengan kecantikan putri raja, Dewi Citrasari. Namun, dia menyadari siapa dirinya. Gandarwa Kurawa pun membuang hasratnya.

Namun, sejak itu dia ingin punya putri yang cantik seperti Dewi Citrasari. Nah, saat berhubungan dengn istrinya, Gandarwa Kurawa mengerahkan seluruh kesaktiannya untuk mewujudkan keinginannya.

Baca Juga: Janur Ireng, Pembantaian Keluarga Kuncoro Sebelum Sewu Dino, Kisahnya Bikin Merinding

Hasilnya, jiwa manusia dan iblis bersatu dalam satu benih. Saat lahir, bayi perempuan itu membawa ciri-ciri khusus, sekaligus kutukan bahwa setiap pria yang menikahinya akan mati mengenaskan.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x