Operasi Zebra Candi 15-28 November, Siapkan Surat-surat dan Lengkapi Kendaraan Anda

- 11 November 2021, 06:30 WIB
Anggota Satlantas tengah melakukan cek kendaraan di Mapolres Karanganyar untuk persiapan Operasi Zebra Candi, 13 hari, 15 hingga 28 November 2021 mendatang.
Anggota Satlantas tengah melakukan cek kendaraan di Mapolres Karanganyar untuk persiapan Operasi Zebra Candi, 13 hari, 15 hingga 28 November 2021 mendatang. /Humas Polres Karanganyar/Istimewa

KARANGANYARNEWS-Satlantas Polres Karanganyar akan menggelar Operasi Zebra Candi 2021 selama 13 hari, 15 hingga 28 November.

Operasi Zebra Candi digelar untuk mengantisipasi pelanggaran lalu lintas. Karena itu, diharapkan para pengguna jalan untuk tertib dan tidak sekali-kali dengan sengaja melakukan pelanggaran.

Menurut Kaatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko, Satlantas telah menyiapkan personel dan sarana pendukung untuk pelaksanan Operasi Zebra Candi. Seperti, sepeda motor dan mobil Satlantas, dan optimalisasi kamera jalan raya.

Selain cek fisik kendaraan, baik motor maupun mobil untuk dilihat tingkat kemampuannya, lanjut dia, juga dilakukan cek mental petugas. Terutama untuk mengantisipasi jika terjadi pelanggaran oleh oknum yang nekad melawan petugas.

“Kita sudah lakukan antisipasi sejauh itu, mengingat situasi di jalanan sangat beragam,” ujar AKP Sarwoko, Rabu (10/11/2021).

Ada pun sasaran Operasi Zebra Candi adalah penertiban pengguna jalan agar taat aturan, mengingat dinamika lalu lintas di Karanganyar yang sangat kompleks.

Meski demikian, lanjut dia, polisi profesional dan humanis saat operasi. Hal itu penting dan sudah menjadi prosedur wajib, bahwa polisi harus memberi pelayanan maksimal.

Bahkan ditekankan pula, langkah awal selama operasi tetap mengedepankan edukasi, bukan mengedepankan tindakan langsung tilang. Anggota Satlantas sangat adaptif terhadap dinamika masyarakat dalam berlalu-lintas.

Di samping itu, anggota polisi yang bertugas juga harus menerapkan standar protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x