12 Tips Aman dan Nyaman Mudik Lewat Jalan Tol

- 24 April 2022, 00:52 WIB
Arus lalulintas mudik lewat jalan tol
Arus lalulintas mudik lewat jalan tol /Dok PRMN/

KARANGANYARNEWS - Banyak jalan menuju Roma, begitu juga banyak jalan mudik menuju kampung halaman, salah satunya berkendara melalui jalur darat.

Perjalanan melalui darat, bisa ditempuh dengan beberapa jalan seperti jalan utama, jalan tol dan jalan alternatif. Semua jalan bisa dilalui, terserah mau pilih yang mana.

Setiap pilihan jalan memiliki konsekuensi berbeda, dan inilah 12 konsekuensi melalui jalan tol, yang menjadi pengalaman KaranganyarNews.com saat berkendara darat dari Madura menuju Solo.

Baca Juga: Puncak Mudik Diprediksi 28-30 April, Pemudik Diimbau Pulang Kampung Lebih Awal

  1. Cek Tarif Tol

Mengecek tarif tol sangat penting, sehingga bisa menyesuaikan keadaan isi dompet untuk menentukan seberapa jauh perjalanan lewat tol yang akan dilalui.

  1. Cek Saldo E-Toll

Cek selalu saldo E-Toll sebelum berangkat, pastikan saldo terisi sesuai tarif tol yang berlaku. Cek saldo bisa dilakukan di mini market terdekat.

  1. Perhatikan Batas Kecepatan

Jalan tol bukan sirkuit untuk balapan, atau tempat untuk kebut-kebutan, karenanya batas kecepatan menjadi perhatian utama yang tidak boleh dilanggar.

Baca Juga: Siap-siap, 85 Juta Orang Diprediksi bakal Mudik Lebaran Tahun Ini

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 perihal Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4, batas kecepatan di jalan tol adalah 60 sampai 100 kilometer per jam.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x