Miris, 5 Bangunan Bersejarah di Kota Tua Yaman Hancur Akibat Hujan Lebat

- 12 Agustus 2022, 21:18 WIB
Hujan lebat menghancurkan bangunan bersejarah di Kota Sanaa yaman
Hujan lebat menghancurkan bangunan bersejarah di Kota Sanaa yaman /Antara

KARANGANYARNEWS - Sedikitnya 5 bangunan bersejarah dan 40 bangunan lainnya di situs warisan dunia kota tua Sanaa rusak akibat hujan lebat yang mengguyur Yaman pada Kamis 11 Agustus 2022.

Hal ini seperti yang dilaporkan saluran al-Masirah TV yang dikelola Houthi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Meski hujan telah menghancurkan bangunan dan menara bersejarah, yang merupakan rumah pribadi dan masih dihuni oleh sejumlah keluarga.

Baca Juga: Suhu Panas di Arab Saudi bawa Korban, Calon Haji Indonesia Dirawat Intensif
 
Bangunan-bangunan itu sendiri tercatat dibangun sebelum abad ke-11. Di mana lebih dari 6.000 rumah menara yang terbuat dari bata lumpur itu didekorasi dengan pola geometris plester putih dan jendela kaca patri.  

Kota tua Sanaa, yang dihuni selama lebih dari 2.500 tahun, dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1986.

Kota tersebut dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya pada 2015 setelah meletusnya perang saudara.
 
Yaman telah terjebak dalam perang saudara sejak akhir 2014 ketika milisi Houthi yang didukung Iran, menguasai beberapa provinsi bagian utara dan memaksa Pemerintah Yaman yang didukung Arab Saudi keluar dari Sanaa, Ibu Kota Yaman.

Perang tersebut telah menewaskan puluhan ribu orang, membuat 4 juta orang mengungsi dan mengakibatkan negara termiskin di Arab itu menderita kelaparan.***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Xinhua


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x