Apresiasi Buku Perjanjian Giyanti, Bupati Juliyatmono: Sebarluaskan ke Seluruh Anak Didik

- 4 November 2022, 11:05 WIB
Bupati Karanganyar Juliyatmono, Kadin Dikbud Yopi Eko Jati Wibowo dan buku ‘Perjanjian Giyanti, Tonggak Sejarah Kembalinya Jawa Pada Kekuasaan Kerajaan Dinasti Mataram’
Bupati Karanganyar Juliyatmono, Kadin Dikbud Yopi Eko Jati Wibowo dan buku ‘Perjanjian Giyanti, Tonggak Sejarah Kembalinya Jawa Pada Kekuasaan Kerajaan Dinasti Mataram’ /Kolase Foto/ Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS – Bupati dan Kadin Dikbud Kabupaten Karanganyar, merekomendasikan buku ‘Perjanjian Giyanti’ yang diterbitkan MSI Komisariat Karanganyar disebarluaskan ke seluruh anak didik.

Buku ‘Perjanjian Giyanti, Tonggak Sejarah Kembalinya Jawa Pada Kekuasaan Kerajaan Dinasti Mataram’, menurut Juliyatmono lebih menspirit genrasi bangsa menghormati jasa para pahlawan dan lebih mencintai Kabupaten Karanganyar.

Terlebih generasi bangsa yang dilahirkan dan bertempat tinggal di Kabupaten berikon Bumi Intanpari (Industri Pertanian dan Pariwisata) ini, mereka akan lebih membanggakan sekaligus terspirit memperkenalkan daerahnya kepada khalayak melalui berbagai kanal media sosial.

Baca Juga: Pengurus MSI Karanganyar Dikukuhkan Bupati, Inilah Susunan Pengurus Lengkapnya

Kabupaten Karanganyar yang berada di lereng barat Gunung Lawu, selain sebagai poros spiritual reliqius juga pusatnya kehidupan dan peradaban manausia. Sejak jaman pra sejarah, era kejayaan kerajaan di Nusantara hingga saat ini.

“Banyak peninggalan sejarah dan adiluhungnya peradaban tersebar di Kabupaten Karanganyar, termasuk Perjanjian Giyanti yang menandai kembalinya kekuasaan raja-raja dinasti Mataram dari cengkeraman kolonial Belanda,” terang Bupati Karanganyar.      

Nilai-nilai sejarah dalam buku ‘Perjanjian Giyanti, Tonggak Sejarah Kembalinya Jawa Pada Kekuasaan Kerajaan Dinasti Mataram’, disebutkan merupakan rujukan menyelesaikan berbagai konflik atau masalah saat ini, agar persatuan dan kesatuan NKRI tetap terjaga sebagaimana harapan para pejuang dan pendiri bangsa Indonesia.  

Baca Juga: Karya ke-4 MSI Kabupaten Karanganyar, Hari Ini Buku Perjanjian Giyanti Dilaunching

“Kami rekomendasikan, buku yang ditulis dan diterbitkan MSI Komisariat Karanganyar ini disebarluaskan kepada anak didik maupun generasi bangsa, melalui perpustakaan umum maupun perpustakaan di setiap sekolah,” kata Bupati Juliyatmono.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x