3 Gudeg Manggar Legendaris, Kuliner Malam Paling Rekomended di Jogja

- 18 Maret 2023, 18:05 WIB
Gudeg manggar kuliner malam yang sangat legendaris di Kota Jogyakarta, Kabupaten Seleman dan Kabupaten Bantul
Gudeg manggar kuliner malam yang sangat legendaris di Kota Jogyakarta, Kabupaten Seleman dan Kabupaten Bantul /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS -  Lapar di tengah malam, teruntuk kalian yang  tinggal atau tengah berlibur di Jogyakarta. Tak usah kawatir, ada pilihan kuliner  legendaris  bagi penikmat kuliner malam di kota gudeg ini.

Kuliner yang satu ini berasa  lebih gurih dan sedikit manis, tentunya  disuguhkan dengan berbagai lauk. Kuliner gudeg manggar menjadi andalan wisatawan atau tamu yang sedang berlibur di kota Jogja, Gudeg manggar ini tersebar di Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta maupun Kabupaten Sleman.

Gudeg manggar sendiri berasal dari bahan dasar  bunga  kelapa muda, digunakan sebagai bahan utama  menggantikan nangka  muda  yang biasa dijadikan gudeg.

Baca Juga: Kue Lapis Super Lezat, Inilah Resep Beserta Mudah dan Cepat Membuatnya

Gudeg manggar memiliki rasa  khas,  seperti lebih gurih dan padat. Gudeg manggar menjadi kuliner langka, karena bahan bakunya tidak mudah untuk didapatkan.

Menurut sejarah, pencipta gudeg manggar sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari kemendikbud.go.id disebutkan Gusti Retno Pembayun, kurang lebih  tahun 1600-an lalu. 

Gusti Retno Pembayun, merupakan  keturunan Panembahan Senopati  dan menikah dengan Ki Ageng Manggir. Tokoh ini, dikenal sebagai tokoh kesatria.

Baca Juga: Mie Bangka 25, Kuliner Mi Nikmat di Solo dengan Cita Rasa Gurih Asam Manis

Gudeg manggar sangat erat kaitannya pada masa pemerintahan Ki Ageng Mangir yang mana pencetus pertamanya yaitu istri beliau, Putri Pemayun sekitar  500  tahun yang lalu.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x