Kicak Kuliner Khas Ramadan Kauman Yogyakarta, Inilah Resep dan Cara Membuatnya

- 26 Maret 2023, 05:37 WIB
Kicak, kuliner khas Ramadhan Kauman Yogyakarta. Berbahan dasar jadah, parutan kelapa dan nangka sebagai penyedapnya
Kicak, kuliner khas Ramadhan Kauman Yogyakarta. Berbahan dasar jadah, parutan kelapa dan nangka sebagai penyedapnya /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS – Selama  bulan suci Ramadhan penjaja kuliner bertebaran sepanjang jalan kampung maupun tengah Kota Yogyakarta. Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika Ramadan, Kicak kulinar khas yang ada di Kauman dan hanya ada setiap bulan Ramadhan.

Menyusuri gang sempit di kampung pasar  Ramadhan di Kauman, merupakan salah satu tradisi kuliner di gang sempit setiap datang bulan Ramadan.

Kita akan menemukan puluhan pedagang kuliner menjajakan berbagai menu berbuka puasa. Minuman dingin, hangat dan berbagai menu masakan rumahan dijajakan, banyak pilihan untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Resep Es Pisang Ijo, Menu Sehat untuk Berbuka Puasa Ramadhan

Brongkos, risoles, es buah, es cincau, olahan sayur, olahan ayam, lele, tiwul, klepon semua tersaji di meja-meja kuliner pasar Ramadhan  Kauman. Siap diserbu masyarakat yang datang, berburu takjil atau makanan untuk berbuka puasa.

Salah satu kuliner identik dengan Ramadhan di kampung Kauman yaitu Kicak. Makanan berbahan dasar jadah, parutan kelapa dan nangka yang hanya ada dan dijajakan pada pasar Ramadhan Kauman, Kota Yogayakarta.

Menyusuri gang sempit di Kauman, KaranganyarNews.com mencoba berburu takjil untuk berbuka puasa. Salah satu yang wajib dibeli makanan khas kauman, Kicak.

Baca Juga: Inilah 4 Resep Es Buah untuk Berbuka Puasa, Mudah dan NyegerinBaca Juga: Inilah 4 Resep Es Buah untuk Berbuka Puasa, Mudah dan Nyegerin

Makanan ini memiliki rasa legit  dan gurih, terdapat jadah dalam baluran kelapa dan diberi potongan buah nangka agar terasa lebih sedap. Menurut sejarahnya, kuliner Kicak ini muncul tahun 1970-an, ketika pertama kali pasar Ramadan di kampung Kauman digelar.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x