Kuliner Ekstrem Pendongkrak Vitalitas Pria, Sate Landak Khas Lereng Barat Gunung Lawu

- 28 April 2023, 14:05 WIB
Sate landak kuliner anti mainstream nan ekstrem, khas lereng barat Gunung Lawu yang disebutkan berkhasiat mendongkrak stamina dan vitalitas kaum pria
Sate landak kuliner anti mainstream nan ekstrem, khas lereng barat Gunung Lawu yang disebutkan berkhasiat mendongkrak stamina dan vitalitas kaum pria /Tangkapan Instagram/

KARANGANYARNEWS - Sate landak, memang anti mainstream nan ekstrim. Tekstur dan warna dagingnya setelah tersaji, tidak berbeda sate berbahan baku daging lain. Semisal sate kambing, sapi, kelinci dan lainnya. Tapi, setelah mencium aroma citarasa khasnya sangat menggoda. Lebih dari itu, kuliner khas lereng Gunung Lawu ini juga disebut-sebut pelangganya berkhasiat mendongkrak kejantanan kaum pria.

 

“Jauh berbeda olahan sate daging lain,” kata Agus Hastono, 43 tahun. Warga Salatiga Kota ini, kepada KaranganyarNews. com mengaku sudah untuk kesekian kalinya ‘keplek ilat’ sate landak di rumah makan Gunung Mas, lereng barat Gunung Lawu.

Selain irisan daging landak yang dijadikan sate empuk dan tidak alot, teksturnya juga serasa lembut dilumat lidah. Dalam satu sajian sate landak, menurutnya juga dirasa terdapat tiga citarasa khas yang berbeda.

 Baca Juga: Mudik Lebaran 2023: Inilah 6 Oleh-oleh Fenomenal dan Legendaris Khas Gunungkidul

Tiga diantaranya, ada yang serasa daging kambing muda, ada juga yang seperti sandung lamur daging sapi. Dan satunya lagi, serasa ‘kenyil-kenyil’ bagaikan daging kelinci. Tiga rasa tercipta dari  satu jenis, itulah keistimewaan citarasa sate landak. 

Kuliner sate landak Tawangmangu, terbilang telah melegenda dan laris manis diburu para wisatawan dari berbagai daerah sejak tahun 1998 lalu. Pionir kuliner non mainstem nan ekstrem ini Sukatno, 79 tahun, pemilik rumah makan Gunung Mas.

Banyak Penggemarnya

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x