5 Jajanan Kuliner Bali yang Lezat Nikmat dan Ngangeni

- 29 Mei 2022, 21:32 WIB
5 jajanan kuliner Bali yang lezat nikmat dan ngangeni terdiri atas Rujak Jeruk Bali, Tipat Serombotan, jaje lukis, Es Daluman, dan Bulung. (Foto: Dok. Istimewa/kemenparekraf.go.id)
5 jajanan kuliner Bali yang lezat nikmat dan ngangeni terdiri atas Rujak Jeruk Bali, Tipat Serombotan, jaje lukis, Es Daluman, dan Bulung. (Foto: Dok. Istimewa/kemenparekraf.go.id) /

KARANGANYARNEWS - 5 Jajanan Kuliner Bali yang Lezat Nikmat dan Ngangeni. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memfasilitasi para delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 dalam program fieldtrip ke berbagai destinasi wisata di Bali.

Tak hanya menikmati destinasi wisata di Bali yang indah, Kemenparekraf pun mengajak delegasi untuk berwisara kuliner menyicipi jajan Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf), Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya menyampaikan kuliner Bali memiliki keunikan tersendiri serta rasa tak kalah enak dengan kuliner dari negara lain.

Baca Juga: Resep Ayam Ingkung Kuali Sambal Terasi, Nostalgia Kuliner NdesoBaca Juga: Resep Ayam Ingkung Kuali Sambal Terasi, Nostalgia Kuliner Ndeso

“Para delegasi GPDRR diharapkan bisa merasakan pengalaman kuliner di Bali sebab kuliner di Bali memiliki sejarah di balik kehadiran suatu menu makanannya,” ujar Menparekraf, dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kemenparekraf.go.id.

Berikut lima jajanan Bali yang bisa jadi rekomendasi kuliner kamu.

  1. Rujak Jeruk Bali

Rujak Jeruk Bali merupakan salah satu kuliner khas Bali. Kuliner ini terbuat dari olahan jeruk Bali disajikan bersama bumbu rujak. Rujak jeruk khas Bali memiliki rasa pedas, namun segar yang didapat dari jeruk Balinya.

  1. Tipat Serombotan

Tipat Serombotan ini berisi tipat atau ketupat dan sayuran, disiram dengan bumbu sambal pedas. Sayuran dalam seporsi serombotan terdiri atas tauge, kangkung, pare, dan kacang panjang.

  1. Jajan Bali atau Jaje Lukis

Camilan dari beras ketan dibentuk segitiga ini disebut sebagai jajan Bali atau jaje lukis. Kenyalnya ketan dikukus ini, disajikan juga dengan taburan parutan kelapa gurih dan ditambahkan dengan lelehan manis dari gula merah.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenparekraf.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x