Es Telang Lemon Ala Kedai Kopissantung, Sensasi Segarnya Berselimut Sederet Khasiat Herbal

- 24 Februari 2023, 17:35 WIB
Tak hanya sensasi kesegaran dan cita rasa khasnya, seduhan minuman  bunga telang terbukti juga kaya khasiat herbal
Tak hanya sensasi kesegaran dan cita rasa khasnya, seduhan minuman bunga telang terbukti juga kaya khasiat herbal /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS - Merengguk seduahan es telang lemon, tak hanya kesegaran dan cita rasa khasnya yang didapat. Bunga tumbuhan menjalar ini, terbukti juga kaya khasiat herbal. Berikut ciri-ciru tumbuhannya, lengkap cara pembuatannya.

Sebagaimana namanya, seduhan minuman khas ini berbahan baku bunga telang. Ciri khas bungannya berwana biru tua, sebenarnya tidak asing juga bagi kita karena tumbuh di berbagai tempat.

Tanaman  yang berasal dari kepulauan Ternate ini, dulu tumbuh liar di sekitar kita. Karena diketahui kaya manfaat herbalnya, belakangan ini bunga telang 'naik derajat' menjadi tanaman hias.

Baca Juga: 7 Kuliner Rekomended Mantap Surantap di Kragilan Sleman, Yogyakarta: Nomer 5 Langganan Tokoh

Tumbuhan ini sangat mudah dibudidayakan di daerah mana pun, terutama yang beriklim tropis. Hidupnya menjalar, bunganya berwarna khas biru tua serta unggu,  dan kelopak bunganya berbntuk corong.

Cara menyeduh bunga telang menjadi minuman, pun sangat mudah dan sederhana. Setelah dipetik dan dicuci, bunga telang dapat langsung diseduh dengan air hangat. Tunggulah beberapa saat, agar air hangat tersebut berubah warna.

Gunakan tambahan jenuk nipis atau lemon, jika menginginkan citarasa manis tambahkan gula sesuai dengan selera. Sebagaimana disaksikan   KaranganyarNews.com di Kedai Kopissantung Kutuwates, baru-baru ini.

Baca Juga: Rekomended, Minuman Khas Kaya Khasiat Herbal: Seduhan Cascara Berbahan Kulit Kopi

Prosesnya sangat sederhana dan mudah, bunga telang dan perasan lemon beserta gula  dicampur jadi satu. Setelah dituangkan air hangat, tunggu 3 menit hingga air seduhan tadi berubah warna menjadi biru tua dan ungu, sebagaimana warna khas bunga telang.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x