Tiga Toko Gethuk Oleh oleh Khas Tawangmangu yang Gurihnya Tiada Tanding, Cek Jam Buka Tutupnya di Sini Saja!

- 29 Mei 2024, 06:05 WIB
Tiga Toko Gethuk Oleh oleh Khas Tawangmangu yang Gurihnya Tiada Tanding, Cek Jam Buka Tutupnya di Sini Saja!
Tiga Toko Gethuk Oleh oleh Khas Tawangmangu yang Gurihnya Tiada Tanding, Cek Jam Buka Tutupnya di Sini Saja! /(Kolase dari berbagai akun Instagram)

KARANGANYARNEWS – Kawasan Kecamatan Tawangmangu tak hanya dikenal karena keindahan wisata alamnya, tetapi juga beragam kulinernya. Sebut saja Sate Kambing Pak Pur yang dikenal paling murah sedunia, sop sapi Bu Ugi dan sate kelinci yang berjejer di hampir sepanjang jalan.

Tak hanya makanan besar yang terkenal lezat, tetapi juga sejumlah kudapan lokal khas Jawa yang dapat dijadikan oleh-oleh maupun teman sepanjang perjalanan wisata, seperti kue molen dan timus yang terbuat dari ubi. Bahkan Tawangmangu juga dikenal dengan oleh-oleh gethuk.

Berbagai sumber menyebutkan, gethuk merupakan salah satu kuliner yang menyejarah. Disebutkan bahwa makanan ini terbuat dari ketela sebagai pengganti beras kala zaman penjajahan Jepang.

Baca Juga: Resep Kue Mochi Kacang Wijen untuk Hidangan Imlek, Bisa untuk Oleh-oleh

Dikenal sebagai makanan dari Jawa Tengah, Jogja dan Jawa Timur, gethuk terbuat dari singkong yang diambil sontrotnya atau serat tengahnya. Setelah itu ditumbuk sampai halus yang kemudian dicampur dengan gula atau garam.

Namun, seiring berjalannya waktu, gethuk mengalami perkembangan varian rasa, hingga menjadi ciri khas kuliner di beberapa daerah. Sebut saja gethuk lindri dan gethuk goreng Sokaraja.

Begitu juga di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, ada gethuk khas yang kerap jadi jujugan wisatawan untuk berburu oleh-oleh. Bahkan tak sedikit yang dijual hingga ke mancanegara.

Baca Juga: Ledre Laweyan, Oleh-oleh Khas Solo yang Ikonik dan Ngangeni

Bagi Anda yang sedang berwisata ria di Tawangmangu, berikut ini rekomendasi toko oleh-oleh gethuk khas daerah setempat.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: Pemprov Jateng Pemkab Karanganyar Berbagai Akun Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah