Ceramah Tausiah: Syariat Perjodohan Dipaksakan Orang Tua, Menurut Rasulullah

- 29 Juni 2022, 16:48 WIB
Ceramah tausiah Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd.
Ceramah tausiah Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd. /dok pribadi/

Oleh |.| Ustadz Moch Isnaeini

JODOH memang taqdir Illahi, ceramah tausiah hari ini akan menjawab pertanyaan bagaimana risalah syariat perjodohan yang dipaksakan oleh orang tua kepada buah hatinya.

Kisah kehidupan Khansa binti Khadzdzam yang mengawali ceramah tausiah hari ini, semoga menginspirasi sekaligus menspirit kaum Hawa terutama terkait syariat perjodohan yang juga merupakan sunatullah.

Kisah muslimah di jaman Rasulullah  SAW dalam ceramah tausiah ini, juga menjadi suritauladan sekaligus bukti argumentatif, syariat Islam yang disebarkan Nabi Muhammad SAW sangatlah memuliakan kaum perempuan.

Baca Juga: Ceramah Tausiah: Waspadai, Ada Setan Dibalik Kerisauhan Masa Depan Kita

Perjalanan hidup Khansa yang dilansir ceramah tausiah ini, sebenarnya juga menjadi pelajaran penting, Islam tak pernah mengekang kebebasan kaum Hawa.

“Sejak dini Islam memang telah memberikan kebebasan kepada kaum wanita; Baik kebebasan menentukan calon suami, kebebasan berpendapat, dan sebagainya,” tulis Muhammad Ibrahim Salim dalam bukunya Nisaa Haulaur Rasul SAW.

Maka tak berlebihan jika dikatakan Islam, dalam hal kebebasan berpendapat sebenarnya lebih mendengarkan pendapat kaum wanita daripada kaum laki-laki. Menurut Salim, sampai ambang pintu perceraian pun Islam masih menghormati kedudukan seorang wanita.

Baca Juga: Ceramah Tausiah: Jangan Pernah Risaukan Masa Depan

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x