Ngaji Jiwa Jawi: Dan Setiap Kita Adalah Ibrahim

- 9 Juli 2022, 21:41 WIB
Kustawa Esye: Spirit Idul Adha 1443 H, Setiap Kita Adalah Ibrahim yang Memiliki Ismail
Kustawa Esye: Spirit Idul Adha 1443 H, Setiap Kita Adalah Ibrahim yang Memiliki Ismail /Dok Komunitas Kiai Damar Sesuluh/

Spirit Sinau Urip |.| Kustawa Esye

SETIAP kita adalah Ibrahim, sebagai Ibrahim kita memiliki Ismail. Demikian hakekat dibalik kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang menginspirasi sekaligus menspirit syariat ibadah Idul Adha, dijalani seluruh umat Islam seluruh penjuru dunia setiap tanggal 10 Dzul Hijjah.

Setiap kita adalah Ibrahim, sebagai Ibrahim kita memiliki Ismail. Bisa jadi Ismail kita adalah kekayaan harta benda, gelar akademik dan atau gelar kehormatan lain yang tersemat pada diri kita.

Bisa juga, Ismail kita itu kesuksesan berkarir dan jabatan dalam suatu institusi. Termasuk diantaranya, Ismail kita adalah pasangan hidup terkasih, anak cucu tercinta maupun seluruh sanak saudara.

Baca Juga: Ngaji Jiwa Jawi; Eling Pepeling Filosofi Caping  

Hakekat Ismail kita, adalah segala sesuatu yang selalu ingin kita cintai dan sayangi, semua yang senantiasa ingin kita miliki dan kuasai, serta semuanya yang ingin kita pertahankan atau kukuhkekehi sepanjang kehidupan di dunia.

Kenapa segala sesuatu dan semuanya tadi diperankan sebagai Ismail,  sedangkan kita berperan menjadi Ibrahim dalam kehidupan dunia yang penuh panggung sandiwara ini?

Tak lain karena realitanya, semua dan segala Ismail (limpahan anugrah dari Maha Pengasih dan Penyayang) tadi, justru sering menjadikan kita melalaikan jatidiri bahkan asal muasal yang dalam filosofi falsafah kehidupan Jawa disebut  ‘sangkan paraning dumadi’.

Baca Juga: Ngaji Jiwa Jawi; Nama Japamantra dan Doa

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x