Sejarah dan Keutamaan Puasa Tasua serta Asyura 9 dan 10 Muharram Beserta Haditsnya

- 7 Agustus 2022, 07:05 WIB
Sejarah dan keutamaan puasa Tasua serta Asyura 9 dan 10 Muharram beserta haditsnya. Puasa Tasua dan Asyura termasuk puasa sunnah yang dianjurkan untuk dijalankan pada 9 dan 10 Muharram 1444 H. (Foto lustrasi: Pixabay/Mohammed Hassan)
Sejarah dan keutamaan puasa Tasua serta Asyura 9 dan 10 Muharram beserta haditsnya. Puasa Tasua dan Asyura termasuk puasa sunnah yang dianjurkan untuk dijalankan pada 9 dan 10 Muharram 1444 H. (Foto lustrasi: Pixabay/Mohammed Hassan) /

KARANGANYARNEWS Sejarah dan Keutamaan Puasa Tasua serta Asyura 9 dan 10 Muharram Beserta Haditsnya. Puasa Tasua dan Asyura 2022 termasuk puasa sunnah yang dianjurkan untuk dijalankan pada 9 dan 10 Muharram 1444 H.

Anjuran umat Muslim mengerjakan puasa Tasua pada 9 Muharram disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Ahmad diungkapkan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menganjurkan umatnya menjalankan ibadah puasa Tasua untuk menyelisihi kaum Yahudi.

Baca Juga: Kasus Brigadir J Makin Temukan Titik Terang, Ini Faktanya!

“Puasalah hari Asyura dan jangan sama dengan orang Yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.” (HR Ahmad, Al Bazzar).

Anjuran mengerjakan puasa Tasua ini juga terdapat dalam riwayat lain dari jalur Abdullah bin Abbas.

Rasulullah Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berpuasa pada Hari Asyura dan menganjurkan umatnya untuk juga mengerjakan puasa sunnah ini.

Suatu ketika, sahabat berkata, “Ya Rasulullah, ini hari yang dimuliakan oleh orang Yahudi dan Nasrani”.

Baca Juga: Arogan, Pengendara Mobil Pelat RFH Tabrak Polisi di Tol Dalam Kota Kawasan Pancoran

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x