Dibalik Misteri Khodam Nyi Roro Kidul, Wanita Weton Jumat Kliwon Dikaruniai Kaya Raya Seluas Samudra

- 3 Februari 2023, 12:35 WIB
Ilustrasi Khodam Nyi Rara Kidul, pendamping dan pelindung wanita kelahiran neptu weton Jumat Kliwon menurut Primbon Jawa
Ilustrasi Khodam Nyi Rara Kidul, pendamping dan pelindung wanita kelahiran neptu weton Jumat Kliwon menurut Primbon Jawa /Lazada/

KARANGANYARNEWS - Tak hanya cantik nan mempesona setiap pria, menurut Primbon Jawa wanita kelahiran neptu weton Jumat Kliwon juga dikarunia kaya raya seluas samudra.

Tidak keramat dan beraura mistis, sebagaimana persepsi masyarakat awam selama ini terkait hari pasaran Jumat Kliwon. Justru sebaliknya, wanita kelahiran Jumat Kliwon memiliki sederet keistimewaan dan kemuliaan.

Salah satu diantaranya, menurut Primbon Jawa wanita kelahiran neptu weton Jumat Kliwon dikaruniai pendamping dan pelindung misteri Khodam Nyi Roro Kidul.    

Baca Juga: Hindari Sumpah Serapah, Weton Jumat Kliwon Inilah Kesaktian Ucapanmu Dibalik Misteri Khodam Idu Geni

Menurut Primbon Jawa, setiap neptu weton kelahiran seseorang dikarunia Khodam pendamping dan pelindung kehidupannya. Disebutkan, wanita kelahiran Jumat Kliwon, dikaruniai Khodam Nyi Roro Kidul.

Khodam yang sering dikait-kaitkan sebagian masyarakat dengan hal-hal yang berbau mistis, menurut etimologi atau asal-usul katanya berasal dari Bahasa Arab.

Secara harfiah artinya pembantu, penjaga, pelindung atau pengawal khusus yang mendampingi seseorang. Praktisi Primbon Jawa Ki Buyut Lawu menyebutkan, dalam spirit spiritual kejawen Khodam disebut ‘perewangan’, aura spiritual atau makhluk tidak kasat mata yang membantu manusia dalam urusan tertentu.

Baca Juga: Karakter Neptu Weton Jumat Kliwon, Dibalik Misteri Sakralnya Hari Pasaran Kelahiran

Secara ilmiah, Khodam merupakan ‘ego state’ yang ada dalam diri manusia sejak lahir sampai meninggal dunia. ‘Ego state’ selain yang terbawa sejak laih, ada juga tercipta dari pengalaman batiniah berdaya emosional dan atau psikologis tinggi.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x