Inilah Jawabnya, Dibalik Misteri Khodam Lelehur Kenapa Weton Senin Kliwon Diselimuti Kegelisahan?

- 13 Februari 2023, 06:35 WIB
Wajib tahu, dibalik misteri Khodam Lelehur menurut Primbon Jawa neptu weton Senin Kliwon dihantui kegilisahan sepanjang hidupnya
Wajib tahu, dibalik misteri Khodam Lelehur menurut Primbon Jawa neptu weton Senin Kliwon dihantui kegilisahan sepanjang hidupnya /Pexels/ Oleg_bf Oleg Borisov/

KARANGANYARNEWS –  Kalian klehariran neptu weton Senin Kliwon? Inilah jawabnya, dibalik misteri Khodam Lelehur kenapa diselimuti kegelisahan sepanjang kehidupannya?

Sebagaimana disebutkan dalam Primbon Jawa, setiap neptu weton kelahiran seseorang dikarunia Khodam yang mendampingi dan melindungi kehidupannya. Neptu weton Senin Kliwon, dikaruniai Khodam Leluhur.

Khodam yang sering dikait-kaitkan sebagian masyarakat dengan hal-hal yang berbau mistis, menurut etimologi atau asal-usul katanya berasal dari Bahasa Arab.

Baca Juga: Nasib Keberuntungan Weton Minggu Wage: Sulit Rejeki Semasa Muda, Kaya Raya Menjelang Tua

Secara harfiah artinya pembantu, penjaga, pelindung atau pengawal khusus yang mendampingi seseorang. Praktisi Primbon Jawa Ki Buyut Lawu menyebutkan, dalam spirit spiritual kejawen Khodam disebut ‘perewangan’, aura spiritual atau makhluk tidak kasat mata yang membantu manusia dalam urusan tertentu.

Secara ilmiah, Khodam merupakan ‘ego state’ yang ada dalam diri manusia sejak lahir sampai meninggal dunia. ‘Ego state’ selain yang terbawa sejak laih, ada juga tercipta dari pengalaman batiniah berdaya emosional dan atau psikologis tinggi.

“Semisal trauma psikolos, phobia, puasa secara intens, membaca sebuah matra, membaca wirid, dan sebagainya,” terang penulis buku ‘Horoskop Jawa Melenial’ tadi.

Baca Juga: Tak Akan Sukses Wirausaha Mandiri, Weton Minggu Wage Inilah Karir Profesi Pendulang Limpahan Rejekimu

Khodam yang mendampingi dan melindungi sejak lahir, sebutan dan penamaannya  dideteksi atau diketahui dari jumlah lambang bilangan masing-masing neptu weton kelahiran seseorang.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x