Wajib Tahu dan Dicatat: Inilah 5 Syariat Mustajab Terkabul Doa Kita di Bulan Ramadhan

- 25 Maret 2023, 02:35 WIB
Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu  bagi seluruh umat Islam, berikut 5 syariat mustajab agar doa kita terkabulkan
Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu bagi seluruh umat Islam, berikut 5 syariat mustajab agar doa kita terkabulkan /Pixabay/Konevi/

KARANGANYARNEWS - Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu  bagi seluruh umat Islam, di dalam bulan mulia ini banyak keberkahan  yang diberikan oleh Allah SWT, dengan memanjatkan doa-doa  dan melakukan kegiatan postif  dapat terkabul dan diterima Allah SWT.

Ketika menjalankan Ramadhan, terdapat ayat Al Qur’an yang  menjelaskan agar doa yang kita panjatkan terkabul. Dalam Al Qur’an suart Al Baqarah ayat  186 :

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran," Al-Baqarah ayat 186. 

Baca Juga: Keutamaan Hari Ketiga Puasa Ramadhan: Raihlah Taman Permata di Surga Firdaus
Agar doa-doa kita dapat terkabulkan selama menjalankan ibadah Ramadhan, KaranganyarNews.com melansir informasi yang diberikan Pimpinan  Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad :

  1. Menjaga Kedekatan dengan Allah SWT

Disarankan dalam  berdoa senantiasa menggunakan kata ‘Rabbana’ agar dapat membuktikan kedekatan dan keeratan dengan Allah SWT. Karena sejatinya puasa Ramadhan itu sejatinya juga mendektkan kepada Allah SWT.

  1. Serius dalam Berdoa

Allah SWT hanya mengabulkan doa-doa hambanya yang serius. Karena banyak orang  yang berdoa dengan mulutnya namun, hatinya kemana-mana, tidak serius. Seperti memohon kaya, tetapi tidak melakukan usaha apapun.

Baca Juga: Umat Muslim Wajib Tahu: Inilah 5 Keutamaan Puasa Ramadhan, Salah Satunya Penyebab Masuk Surga

  1. Menjalankan Perintah Allah SWT

Doa dalam ibadah seperti puasa Ramadhan itu memiliki peringkat tertinggi, sebagaimana orang-orang yang terdzalimi.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x