Inilah Jawabnya, Ngupil Siang Hari di Bulan Ramadhan Apakah Membatalkan Puasa?

- 26 Maret 2023, 02:35 WIB
Benarkah ngupil siang hari di bulan Ramadhan, membatalkan puasa? Berikut jawabannya, menurut fikih dan pendapat para ulama
Benarkah ngupil siang hari di bulan Ramadhan, membatalkan puasa? Berikut jawabannya, menurut fikih dan pendapat para ulama /Kabarbesuki-Pikiran Rakyat/

KARNGANYARNEWS - Apakah ngupil atau mengupil di siang hari selama bulan Ramadhan, membatalkan ibadah puasa? Berikut penjelasan lengkap, terkait fikih ngupil yang dilakukan saat menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Ada yang menyebutnya ngupil, ada juga yang menamakan mengupil. Arti keduanya sama, memasukkan ujung jari ke rongga hidung. Kaitannya dengan syariat ibadah puasa di bulan Ramdhan, apakah ngupil atau mengupil di siang hari membatalkan puasa?

Sebagian ulama berpendapat, memasukkan sesuatu ke lubang yang berpangkal di rongga apa pun pada bagian tubuh manusia, dapat membatalkan puasa orang yang melakukan.

Baca Juga: Allah SWT Menjanjikan Surga Khuld, Inilah Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Keempat

Ulama dan atau ahli fikih lainnya berfatwa, ngupil yang membatalkan puasa  itu jikalau memasukkannya ujung jari sampai batas awal ‘muntaha khaysum’ atau pangkal insang yang letaknya sejajar dengan mata.

Lantas bagaimana penegasannya menurut syariat maupun para ulama, terkait fikih ngupil di siang hari bagi seseorang yang menjalankan ibadah pusan di bulan Ramadhan?

“Batal puasa disebabkan masuknya benda ‘ain’ (yang jelas, dapat dilihat) sekalipun hanya sedikit kedalam (bagian) yang disebut ‘Jauf’ (rongga dalam),” jelas Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibary dalam kitabnya, ‘Fath al-Mu’in’.

Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari Keempat, Lengkap Lafal Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Dalam menjalani Ibadah puasa, umat muslim dilarang memasukkan benda apa pun ke dalam tubuh melalui tujuh lubang yang dipunyai manusia. Termasuk diantaranya rongga hidung, rongga telinga, rongga mata dan lainnya.

Terkait batal dan atau tidaknya ibadah puasa bulan Ramadhan, teruntuk seseorang yang ngupil di siang hari, Ustadz Abdul Somad juga memberikan penjelasan kepada jemaahnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x