5 Keutamaan Puasa Ramadhan untuk Anak: Satu Diantaranya, Membekali Kesuksesan Hidup Dunia Akhirat

- 28 Maret 2023, 03:05 WIB
Inilah 5 diantara sekian banyak keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak, dua diantaranya melatih kejujuran dan kedisiplinan hidupnya
Inilah 5 diantara sekian banyak keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak, dua diantaranya melatih kejujuran dan kedisiplinan hidupnya /Ilustrasi/ Pixabay/

KARANGANYARNEWS – Anak-anak yang belum baligh menurut syariat Islam memang belum diwajibkan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, baik secara fisik maupun pemahaman agama mereka memang belum mampu untuk menjalankan ibadah fardlu tersebut.

Namun demikian, bukan berarti bulan Ramadhan tidak ada manfaatnya bagi anak-anak. Bulan Ramadhan, justru akan menjadi salah satu jalan untuk banyak memberikan pelajaran mengenai agama Islam kepada anak-anak.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al Kahfi 18 : 46, “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Baca Juga: Doa Hari Keenam Pusa Ramadhan, Selasa 28 Maret 2023: Memohon Dihindarkan Kemaksiatan

Jelasnya, anak-anak hanyalah sebagai perhiasan dunia dan ujian, namun jika bisa mengarahkan ujian tersebut menjadi kebaikan, menjadi amalan yang shaleh tentu akan mendapatkan kebaikan yang kekal.

Dalam hadist Nabi Muhammad SAW juga dijelaskan, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim ).

Karena itulah, sebenarnya terdapat sederet keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak. Di bulan yang sangat mulia sekaligus penuh berkah ini dapat diajarkan kepada anak-anak terkait syariat Islam, kewajiban dan sunnah, pahala, kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya dan sebagainya.

Baca Juga: Umat Islam Wajib Mengetahui, Inilah Sejarah dan Hakikat Kesempurnaan Puasa Ramadhan Secara Harfiah

Diharapkan semua pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak selama bulan Ramadhan tadi, dapat menjadi bekal akhlaknya teruntuk menjalani kehidupan hingga usia dewasa.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x