Kaum Muslim Wajib Tahu: 8 Amalan Bulan Ramadhan, Penghapus Dosa Masa Lalu

- 2 April 2023, 02:35 WIB
Inilah 8 amalan di bulan Ramadhan yang paling mustijab teruntuk melebur atau penghapus dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya
Inilah 8 amalan di bulan Ramadhan yang paling mustijab teruntuk melebur atau penghapus dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya /Freepik/

KARANGANYARNEWS – Sepanjang bulan suci Ramadhan yang penuh kemuliaan dan pengampunan ini, terdapat sejumlah amalan yang paling mustajab teruntuk melebur dan atau penghapus dosa kaum muslimin dan muslimat yang dilakukan sebelumnya.

Berikut 8 amalan di bulan Ramadhan yang paling mustijab teruntuk penghapus dosa umat Islam, sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari laman dalamislam.com dan berbagai sumber lainnya:

  1. Puasa Ramadan

Amalan paling utama yang harus dilakukan seluruh umat Islam di bulan Ramadhan, adalah puasa Ramadhan. Selain berdasar ayat dan surat dalam Alquran, banyak juga sunnah Rasulullah SAW yang menjelaskan puasa Ramadhan sebagai ibadah wajib dan penghapus dosa.

Baca Juga: Raih Pahala 4 Kali Haji dan Umroh: Keutamaan Puasa Ramadhan Hari Ke-11, Minggu 02 april 2023

Dua diantaranya, sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَوَلَدِهِ تُكَفِّرُهَا الصَّلَاةُ وَالصِّيَامُ وَالصَّدَقَةُ وَالْأَمْرُ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْيُ عَنْ الْمُنْكَرِ

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x