Muhammad Agung Ridlo: Bencana Alam, Mengisyaratkan Manusia Harus Belajar dan Berfikir Cerdas

- 6 April 2023, 04:06 WIB
Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah, Dr Ir Mohammad Agung Ridlo saat Kultum di Masjid Baitussalam, Ngaliyan, Semarang
Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah, Dr Ir Mohammad Agung Ridlo saat Kultum di Masjid Baitussalam, Ngaliyan, Semarang /Dok. Satupena Jateng/

KARANGANYARNEWS - Allah menciptakan alam semesta, termasuk bumi dengan segala isinya. Allah juga menciptakan manusia, untuk menjadi “khalifatul fil ardhi”, yaitu menjadi pemimpin di muka bumi.

 

"Menjadi pemimpin haruslah selalu belajar, agar dalam kepemimpinannya dapat membuat kebijakan yang bermanfaat bagi yang dipimpinnya," kata Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah, Dr Ir Mohammad Agung Ridlo.

Dalam memberikan Kultum (kuliah tujuh menit) seusai salat isya dan tarawih berjamaah di Masjid Baitussalam, Jalan Taman Karonsih Raya, Ngaliyan, Semarang, tadi Mohammad Agung mengatakan pemimpin di muka bumi ini antara lain, misalnya menjadi pemimpin pemerintahan. 

Baca Juga: Inilah Jawabnya, Kenapa Mimpi Basah Tak Membatalkan Puasa Ramadhan?

Entah itu presiden, gubernur, bupati, walikota, camat, dan lurah, serta lainnya) sampai pemimpin paling bawah, yaitu memimpin keluarga dan memimpin dirinya sendiri.

Manusia, menurutnya diminta untuk selalu belajar. Belajar, sudah menjadi hukum alam yang tidak bisa lepas dari manusia. Belajar memahami diri sendiri, belajar memahami alam, dan memahami ciptaan Allah.

Belajar melalui iqra' (bacalah), membaca apa yang tersurat dan tersirat. Membaca ayat-ayat Alah yang tersurat, membaca kalam ilahi (firman Allah Alquran) dan memahami apa makna dari ayat-ayat Allah tersebut. Sedangkan membaca ayat-ayat Allah yang tersirat,  membaca ciptaan Allah.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x