Puasa Ramadhan Lancar dan Sehat: Catat, Inilah 4 Tips Teruntuk Penderita Maag

- 8 April 2023, 02:05 WIB
Penderita penyakit maag dianjurkan berbuka puasa Ramadhan secukupnya, menghindari mengkonsumsi makanan yang berlebihan
Penderita penyakit maag dianjurkan berbuka puasa Ramadhan secukupnya, menghindari mengkonsumsi makanan yang berlebihan /Ilustrasi/NOJ/Thecitizen/

KARANGANYARNEWS - Seluruh umat Islam yang telah aqil baliq, syariat atau hukumnya wajib menunaikan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, terkecuali mereka yang telah uzur dan atau karena beberapa halangan lainnya yang memperbolehkan kaum muslim meninggalkan ibadah puasa Ramadhan.

Halangan yang memperbolehkan tidak puasa Ramadhan selain uzur disebutkan diantaranya orang sakit, wanita yang sedang haid atau nifas, dan musafir. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 184 berikut ini:

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.

Baca Juga: Jumat di Bulan Ramadhan, Bakda Sholat Ashar Waktu Paling Mustajab Berdoa

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (puasa), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Baqarah: 184).

Meskipun orang yang sakit diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tak sedikit juga kaum muslim yang mempertanyakan. Teruntuk penderita penyakit maag, diperbolehkan tidak menjalankan atau hukumnya tetap wajib berpuasa Ramadhan?

Diperoleh keterangan, maag adalah penyakit yang menyerang lambung. Dalam bahasa medis, disebut  gastritis atau peradangan lambung. Penyakit maag atau radang lambung, disebabkan karena banyak faktor. Diantaranya makanan, stress, merokok, konsumsi obat-obatan dan infeksi bakteri.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x