Berhenti Haid di Siang Hari, Haruskah Menjalankan Puasa Ramadhan?

- 17 April 2023, 02:35 WIB
Jikalau haid berhenti di siang hari saat bulan Ramadhan, apakah wanita tersebut diwajibkan menjalankan ibadah puasa wajib?
Jikalau haid berhenti di siang hari saat bulan Ramadhan, apakah wanita tersebut diwajibkan menjalankan ibadah puasa wajib? /Pixabay

KARANGANYARNEWS - Berhenti atau berakirnya waktu haid atau menstruasi bagi setiap wanita, mamang sulit diprediksi. Bisa pagi hari, siang hari, sore hari atau pun malam hari. Jikalau haid berhenti di siang hari saat bulan Ramadhan, apakah wanita yang bersangkutan diwajibkan menjalankan ibadah puasa wajib?

 

Secara medis, haid atau menstruasi adalah terjadinya perdarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar melalui organ intim wanita. Kondisi ini, memang siklus normal pada wanita dewasa yang umumnya terjadi setiap bulan.

Siklus menstruasi yang sering juga disebut dengan haid atau terkadang dinamakan juga datang bulan, terjadi karena naik turunnya hormon di dalam tubuh wanita.

 Baca Juga: Muslimat Wajib Tahu, Inilah 5 Amalan Wanita Haid Meraih Lailatul Qadar

Durasi siklus haid terjadi rata-rata setiap 28 hari, dengan lama sekitar 4 hingga 6 hari. Saat wanita mengalami siklus haid, tubuhnya mengalami perubahan pada kadar hormon.

Kondisi ini mampu memengaruhi banyak hal, termasuk juga fisik dan emosi yang dapat timbul beberapa hari sebelum proses keluarnya darah dari organ intim terjadi.

Tidak Makan dan Minum

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x