Menentukan Hari Baik Menikah Menurut Islam, Bolehkah Pilih Tanggal dan Bulan?

- 24 Mei 2023, 23:49 WIB
Menentukan hari baik menikah menurut Islam, bolehkah pilih tanggal dan bulan. Pernikahan menjadi momen sakral bagi setiap pasangan yang akan menjalaninya. (Foto ilustrasi: Pixabay/Forium)
Menentukan hari baik menikah menurut Islam, bolehkah pilih tanggal dan bulan. Pernikahan menjadi momen sakral bagi setiap pasangan yang akan menjalaninya. (Foto ilustrasi: Pixabay/Forium) /

KARANGANYARNEWS Menentukan Hari Baik Menikah Menurut Islam, Bolehkah Pilih Tanggal dan Bulan? Pernikahan menjadi momen sakral bagi setiap pasangan yang akan menjalaninya. Karenanya, tak heran jika menjelang mengucap janji suci, calon pengantin mencari hari atau tanggal baik untuk menikah.

Pertanyaannya, bagaimana pandangan Islam terkait menentukan hari atau tanggal baik untuk melangsungkan pernikahan?

Perlu dipahami, sejatinya di dalam Islam sah atau tidaknya pernikahan bukan karena waktu berlangsungnya, apakah berkaitan dengan jam, hari, tanggal, bulan, atau pun tahun.

Mempercayai hari baik untuk melangsungkan pernikahan sama artinya dengan percaya ramalan yang dilarang dalam agama.

Baca Juga: Misteri Jumat Kliwon dan Tanggal 13 dalam Pandangan Islam, Benarkah Membawa Petaka?

Sah atau tidaknya pernikahan dalam Islam ditentukan pada terpenuhinya syarat atau rukun nikah, yakni ada mempelai pria dan wanita, lafaz ijab qobul, ada saksi, dan ada wali dari pihak wanita.

Ya, di dalam Islam tidak mengenal penentuan hari baik untuk menikah, namun yang ada adalah waktu-waktu terbaik untuk melangsungkan pernikahan dengan mengikuti jejak-jejak Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam.

Ada beberapa bulan baik untuk menikah mencontoh waktu pernikahan Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x