Dibedah Satupena Jawa Tengah, Inilah Kontroversi Buku Pemikiran Denny JA Karya Ahmad Gaus

- 28 Mei 2023, 19:05 WIB
Buku 'Era Ketika Agama Menjadi Warisan Kultural Milik Bersama: Sembilan Pemikiran Denny JA, karya  Ahmad Gaus
Buku 'Era Ketika Agama Menjadi Warisan Kultural Milik Bersama: Sembilan Pemikiran Denny JA, karya Ahmad Gaus /Dok. Satupena Jawa Tengah/

KARANGANYARNEWS - Buku berjudul 'Era Ketika Agama Menjadi Warisan Kultural Milik Bersama: Sembilan Pemikiran Denny JA soal Agama di Era Google', karya Ahmad Gaus akan didiskusikan di Sekretariat Satupena Jawa Tengah, di Jalan Taman Karonsih I, Ngaliyan, Semarang, Kamis, 01 Juni 2023.

 

Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie mengatakan, dalam buku karya Gaus yang diterbitkan Cerah Budaya Indonesia, Jakarta, tersebut terdapat sembilan bab yang masing-masing membahas mengenai aspek-aspek pemikiran Denny.

Diantaranya, seputar fenomena agama mutakhir dan spiritualitas. Denny yang selama ini dikenal konsultan politik, adalah penulis produktif dan menjabat Ketua Umum Satupena Pusat.

 Baca Juga: Peringati Ultahnya Ke-15, Waroeng Keroncong Beri Penghargaan Sejumlah Tokoh

Dalam bedah buku itu, selain Gunoto sendiri sebagai pembahas, juga Ahmad Gaus sang penulis buku. Sedangkan sebagai moderator, Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo.

Menurut Gunoto, Gaus meringkas pemikiran Denny seputar agama di era Google dalam sembilan butir. Yaitu pentingnya pendekatan kuantitatif,  untuk membuat perbandingan soal  peran agama  di masyarakat. Selain itu, para arkeolog berjasa mengkonstruksi ulang kisah agama.

Kekayaan Kultural Bersama

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x