7 Falsafah Jawa yang Bikin Hidup Ayem Tenterem Bahagia Lahir Batin

- 6 Juni 2023, 19:05 WIB
7 falsafah Jawa yang bikin hidup ayem tenterem bahagia lahir batin. Kebudayaan Jawa di dalamnya terdapat banyak falsafah hidup. (Foto ilustrasi: Pixabay/Dedy_Timbul)
7 falsafah Jawa yang bikin hidup ayem tenterem bahagia lahir batin. Kebudayaan Jawa di dalamnya terdapat banyak falsafah hidup. (Foto ilustrasi: Pixabay/Dedy_Timbul) /

KARANGANYARNEWS - 7 Falsafah Jawa yang Bikin Hidup Ayem Tenterem Bahagia Lahir Batin. Kebudayaan Jawa di dalamnya terdapat banyak falsafah hidup. Tak heran jika hingga kini masih banyak orang memegang teguh falsafah Jawa dalam kehidupannya sehari-hari.

Ya, setidaknya ada tujuh falsafah Jawa yang bisa dijadikan pedoman hidup agar lebih ayem tenterem alias nyaman dan tenteram.

Nilai-nilai kehidupan masyarakat Jawa memang sudah melekat erat dalam tatanan kehidupan, bahkan hingga di zaman modern seperti sekarang falsafah Jawa tetap dianut.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Wonogiri Terbaru Juni 2023, Lengkap dengan Syarat dan Lokasi

Hal itu tentu saja lantaran nilai-nilai yang diturunkan para leluhur sejak zaman dulu masih relevan digunakan dalam kehidupan saat ini.

Falsafah Jawa sejatinya banyak mengandung kebijaksanaan, mencerminkan mentalitas hingga religiusitas masyarakat Jawa.

Berikut tujuh falsafah Jawa yang bikin hidup ayem tenterem bahagia lahir dan batin, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 7 Rahasia Pemilik Weton Legi Menurut Primbon Jawa, Dikenal Dermawan tapi Nafsuan

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x