Bencana Besar Berpotensi Terjadi, BMKG Minta Pemda Serius Atasi Perubahan Iklim

- 9 Agustus 2021, 13:58 WIB
BMKG meminta komitmen pemda dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, mengingat potensi bencana di Indonesia (Foto ilustrasi banjir: Pixabay/WikiImages)
BMKG meminta komitmen pemda dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, mengingat potensi bencana di Indonesia (Foto ilustrasi banjir: Pixabay/WikiImages) /

KARANGANYARNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta komitmen penuh pemerintah daerah 9Pemda) dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Peran pemerintah daerah dinilai sangat penting karena laju pembangunan di daerah sangat masif.

"Aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim butuh komitmen politik karena harus dimulai dari kepala daerah yang diwujudkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD)," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam webinar yang digelar Deputi Bidang Klmatologi BMKG baru-baru ini.

Menurutnya, pemerintah kabupaten/kota harus mempersiapkan berbagai kemungkinan terburuk dari bencana alam serta dampak perubahan iklim.

Baca Juga: Sejumlah Perusahaan BUMN Dukung Operasionalisasi Kapal Isoman Terapung

Beberapa bencana berpotensi terjadi, di antaranya badai tropis, banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, dan kekeringan yang diprediksi akan lebih sering terjadi dengan intensitas lebih kuat.

Selain itu juga mencairnya es di puncak Jaya Wijaya Papua, diprediksi BMKG akan punah di 2025 dan naiknya muka air laut.

Mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim sudah mendesak harus dilakukan segera untuk mencegah risiko dan kerugian lebih besar.

Dwikorita Karnawati menyebut, mengatasi persoalan perubahan iklim adalah tugas cukup menantang.

Pasalnya, ini membutuhkan komitmen gotong royong dan koneksitas kuat dari level pusat hingga daerah.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x