Bantu Gerakkan Perekonomian Desa Wisata Sumberbulu, Sandiaga Uno Pesan Lukisan Mural

- 10 Oktober 2021, 21:27 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Juliyatmono melihat-lihat produk UMKM yang dipamerkan ketika mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar, Sabtu (9/10/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Juliyatmono melihat-lihat produk UMKM yang dipamerkan ketika mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar, Sabtu (9/10/2021). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno memesan lukisan mural bergambar 50 peserta desa wisata untuk menyambut Final Anugerah Desa Wisata Indonesia, saat mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar, Sabtu (9/10/2021).

Sandi melihat, pembuatan lukisan yang dilakukan di sebuah limbah papan berukuran besar itu terbilang unik. "Ini menarik, saya melihat pembuatannya di limbah papan ukuran besar oleh para mileneal," kata Sandi.

Mural yang berisi ikon 50 Desa Wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 itu nantinya akan menjadi latar belakang penerimaan tamu untuk swafoto ataupun latar belakang konferensi pers pengumuman pemenang ADWI 2021 tanggal 7 Desember.

Sementara itu dalam kunjungannya, Menparekraf memuji kreatifitas yang dihadirkan Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem Kecamatan Mojogedang Karanganyar. Sandiaga sengaja melihat lebih dekat desa wisata yang masuk 50 besar ajang ADWI yang digelar Kemenparekraf RI itu.
 
Dalam kesempatan itu, Sandi mengatakan pentingnya manajemen Desa Wisata mengadopsi teknologi informasi. Satu diantaranya model transaksi nontunai. Menurut dia, ara itu akan memudahkan manajemen melayani pengunjung yang bisa datang dari berbagai penjuru dunia dan latar belakang.

"Tinggal buka aplikasi pembayaran yang diinginkan. Scan qris dan periksa merchant, isi nominal dan bayar," kata Sandi didampingi Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Sementara itu Manager Desa Wisata Sumberbulu Titin Riyadiningsih mentargetkan Desa Pendem menjadi desa mandiri tahun 2025. Artinya, masyarakatnya bisa memaksimalkan potensi di berbagai bidang. Sehingga tidak memerlukan bantuan dari pemerintah.

Destinasi di Sumberbulu yang didukung 48 home stay di sekitarnya merupakan awal yang baik. "Kita patut menjadi desa wisata terbaik di Indonesia," kata Titin.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x